Strategi Media Relations Pada Dinas Pemerintah Kota Bandung

Studi Kasus Mengenai Strategi Media Gathering Diskominfo Kota Bandung Melalui Program Bandung Menjawab Sebagai Medium SKPD dan Pers di Kota Bandung

  • Aby Putri Wijaya Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Faisal Reza Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Nisa Lathifah Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Yanuar Ilham Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Anggita Lestari Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Shinta Hartini Putri Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia

Abstract

Program Bandung Menjawab merupakan produk unggulan Diskominfo Kota Bandung dengan tujuan untuk mengklarifikasi, mensosialisasikan, dan mengkonfirmasi isu yang tengah berkembang di masyarakat. Penelitian bertujuan untuk mengetahui tahapan perencanaan dan strategi media relations, juga mengetahui alasan mengapa media gatheting menjadi pilihan dalam melakukan kegiatan media relations pada program Bandung Menjawab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus, dengan menggunakan konsep model perencanaan ROPE oleh John.M.King dan Strategi Media Relations oleh Yosal Iriantara. Hasil penelitian menunjukkan tahap perencanaan meliputi empat tahap, Tahap Riset, Tahap objektif, Tahap Program, dan Tahap evaluasi. Mengelola relasi, adanya pertukaran kartu nama, dan adanya kegiatan informal diluar program bandung menjawab. Mengembangkan relasi, melakukan doorstop (wawancara langsung) kepada SKPD selaku narasumber. Mengembangkan jaringan, membuka dan memperluas jaringan dengan organisasi profesi seperti PBB (Pewarta Balai Kota Bandung). Program Bandung Menjawab sebagai bentuk penerapan media gathering dipilih karena sebagai media mempertemukan SKPD sebagai narasumber dan pers.

Published
2024-07-29
Section
Articles