Analysis of “Pull” and “Push” Signage Design on Minimarket Front Doors Using TSP Model

Authors

  • Aditya Ali Fakultas Komunikasi dan Desain, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37278/artcomm.v1i2.114

Abstract


Signage sebagai media komunikasi visual diciptakan untuk mempermudah aktivitas manusia pada
lingkungannya. Berbagai komponen harus berkolaborasi untuk menghasikan suatu desain signage
yang mampu berinteraksi maksimal dengan manusia penggunanya. Signage yang baik adalah yang
pesannya paling bisa diterima oleh semua orang, sehingga orang bisa dipengaruhi untuk membuat
keputusan secara cepat dan sadar berdasarkan informasi yang diberikan. Adalah Chris Calorie yang
memperkenalkan suatu model yang komprehensif mengenai signage yang dikenal dengan The
Signage Pyramid Model (TSP Model). Model ini dapat digunakan untuk merancang, menganalisis,
dan mengevaluasi suatu signage. Adapun signage yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah
signage pada pintu kaca depan minimarket yang biasa ditempatkan pada handle pintu atau
disekitarnya. Wujudnya berupa stiker dengan tulisan “Tarik†dan “Dorong†dengan arah tulisan
bisanya vertikal ke bawah. Signage berwarna merah atau hitam ini lazim ditemui pada minimarket
di Indonesia.

Downloads

Published

2018-11-20

How to Cite

Ali, A. (2018). Analysis of “Pull” and “Push” Signage Design on Minimarket Front Doors Using TSP Model. ArtComm : Jurnal Komunikasi Dan Desain, 1(2), 20–33. https://doi.org/10.37278/artcomm.v1i2.114

Issue

Section

Articles