Braga Heritage Application Design as a Media for Promoting Historic Buildings on Jalan Braga, Bandung City

Authors

  • Citra Kemala Putri Fakultas Komunikasi dan Desain, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Aldi Mahardika Fakultas Komunikasi dan Desain, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37278/artcomm.v1i2.119

Abstract

Kota Bandung yang dikenal dengan julukan Paris van Java, memiliki berbagai bangunan bersejarah
karya para arsitektur Eropa yang bermukim di Kota Bandung pada masa kolonial. Berbagai macam karya
bangunan arsitektur dengan gaya bangunan Eropa yang megah menjadi penghias sudut kota Bandung.
Persepsi masyarakat terhadap bangunan-bangunan peninggalan bersejarah di Kota Bandung umumnya
dan di Jl. Braga khususnya merupakan hal penting dalam upaya menanamkan kesadaran untuk ikut
berpartisipasi secara aktif dalam menjaga kelestarian peninggalan bersejarah. Tetapi masyarakat
cenderung tidak peduli pada peninggalan sejarah tersebut, bahkan banyak masyarakat yang tidak
mengetahui akan keberadaan bangunan-bangunan tersebut. Peneliti menggunakan metode kuantitatif
dalam mengolah fenomena ini. Pengumpulan data dilakukan peneliti dengan memakai dua teknik yaitu
pengumpulan data primer dan sekunder. Peneliti memberikan solusi akan permasalahan ini dengan
membuat sebuah aplikasi smartphone bernama Braga Heritage. Pemilihan media ini berdasarkan hasil
dari metode survei yang telah dilakukan sehingga dianggap mewakili ketertarikan para remaja usia 1319
tahun selaku target audiens dari penelitian ini.

 

Downloads

Published

2018-11-20

How to Cite

Kemala Putri, C., & Mahardika, A. (2018). Braga Heritage Application Design as a Media for Promoting Historic Buildings on Jalan Braga, Bandung City. ArtComm : Jurnal Komunikasi Dan Desain, 1(2), 77–90. https://doi.org/10.37278/artcomm.v1i2.119

Issue

Section

Articles