Perancangan Ulang Permainan Sonlah untuk Anak Usia 6 Sampai 12 Tahun Di Kota Bandung

  • Diwan Setiawan Fakultas Komunikasi dan Desain, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Ahmad Deni Saputra Fakultas Komunikasi dan Desain, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
Keywords: permainan tradisional, Kota Bandung, Desain Komunikasi Visual

Abstract

Permainan adalah bagian tidak terpisah dalam perkembangan anak. Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat mengakibatkan terjadinya perubahan pola hidup masyarakat perkotaan. Termasuk perubahan pola permainan anak-anak di kota Bandung. Dari permainan tradisonal menjadi digital mengakibatkan permainan tradisional mulai dilupakan oleh anak-anak. Termasuk permainan sonlah mempunyai multi manfaat dalam perkembangan anak-anak , melatih kecerdasan emosional, melatih gerak dan bersosialisasi, dibandingkan permainan digital yang lebih bersifat statis dan individualis. Seperti yang terjadi pada siswa-siswi SDN Cisitu, permainan sonlah mulai jarang dimainkan di halaman rumah ataupun lapangan sekolahan. Tujuan dari penulisan laporan tugas akhir ini adalah untuk merancang ulang permainan sonlah bagi anak-anak berumur 6-12 tahun di kota bandung untuk meningkatkan minat terhadap permainan tradisional khususnya permainan sonlah. Dengan tampilan baru dari sisi tampilan visual, kemasan dan portabel. Media yang dipilih adalah media cetak karena menampilkan sisi fisik,bentuk stafak agar para pemain ikut terlibat sisi emosional, motorik tubuh dan bersosialisasi dalam permain. Metode yang digunakan dalam penulisan laporan tugas akhir ini adalah metode kuantitatif untuk memberikan gambaran dan fakta permainan sonlah di SDN Cisitu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi lapangan berupa observasi,wawancara dan kuisioner. Proses perancangan ulang permainan sonlah ini didasari dengan teori desain komunikasi visual.

Published
2019-05-03
How to Cite
Setiawan, D., & Saputra, A. (2019). Perancangan Ulang Permainan Sonlah untuk Anak Usia 6 Sampai 12 Tahun Di Kota Bandung. ArtComm : Jurnal Komunikasi Dan Desain, 2(1), 89-109. https://doi.org/10.37278/artcomm.v2i1.164
Section
Articles