PERANCANGAN MEDIA KAMPANYE KESELAMATAN LALU LINTAS SEJAK DINI MELALUI PROGRAM TRANSPORTASI SEHAT MERAKYAT

  • Hergy Andriawan Desain Komunikasi Visual, Fakultas Komunikasi dan Desain, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Sophia Purbasari Desain Komunikasi Visual, Fakultas Komunikasi dan Desain, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Citra Kemala Putri Desain Komunikasi Visual, Fakultas Komunikasi dan Desain, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
Kata Kunci: Kampanye, Keselamatan lalu lintas sejak dini, Transportasi Sehat Merakyat

Abstrak

Kampanye keselamatan lalu lintas sejak dini melalui transportasi sehat merakyat ini adalah program pemerintah yang diamanatkan didalam Pasal 203 UU no 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, bertujuan untuk mengurangi kepadatan arus lalu lintas, meminimimalisir angka kecelakaan pada usia remaja ataupun sejak dini, dan mengurangi polusi udara yang diakibatkan oleh kendaraan bermotor melalui transportasi sehat merakyat, diantaranya yaitu Bike to School, Walk to School, Bike to Work, dan Walk to Work. Kampanye tersebut dilaksanakan berdasarkan kepada data kepolisian yang menyatakan bahwa pelajar usia sekolah menjadi penyumbang angka terbesar kecelakaan dan kepadatan lalu lintas di Kota Cimahi. Tujuan perancangan ini yaitu merancang media kampanye keselamatan lalu lintas sejak dini melalui trasnportasi sehat merakyat yang efektif dan efisien. Perancangan ini dalam pengumpulan data menggunakan metode penelitian Mix Method, yaitu melakukan wawancara kepada Kanit Dikyasa Satlantas Polres Cimahi dan siswa SMAN 1 Cimahi, juga melakukan pembagian kuesioner kepada siswa SMAN 1 Cimahi. Hasil dari perancangan ini dapat diketahuiĀ  bahwa Program kampanye tersebut belum maksimal dilaksanakan, baik secara media maupu teknis pelaksanaan, sehingga belum efektif dalam mereduksi angka tingkat kepadatan dan kecelakaan lalu lintas oleh pelajar di Kota Cimahi.

Diterbitkan
2019-12-03
Bagian
Articles