ACEH BERDUKA

(Analisis Program pemberitaan i-News TV malam)

  • Hanafi . Fakultas Komunikasi dan Desain, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
Kata Kunci: Program pemberitaan, i-News TV malam, tajuk “Aceh Berduka

Abstrak

Penelitian ini menggunakan metode analisis wacana kritis, dari Fair Clough dan nilai komunikasi Islam yang tidak hanya menganalisis wacana literature tetapi juga memaparkan segi deskripsi, analisis, dan interpretasi pemberitaan secara menyeluruh. Hasil kajian memberikan penjelasan mengenai interpretasi pemberitaan i-News TV malam, bertajuk “Aceh Berduka” di tengah keterbukaan media, khususnya program berita televise swasta yang cenderung bebas, serta sentimen awak media dalam mengejawantahkan peran dan fungsinya di ranah publik . Beberapa temuan menyimpulkan, bagaimana media menkonstruksi isi pemberitaannya, yang menunjukan kepada khalayak masyarakat Indonesia, bahwa MNC grup, dengan i-News TV adalah media massa yang memiliki kepekaan dan tanggungjawab sosial kemasyarakatan (CSR) di Indonesia. Adapun pendekatan yang diambil oleh media antara lain: a) Secara ekonomi dan bisnis; isi berita mengajak masyarakat untuk peduli secara sosial-ekonomi, akan tergerak untuk menyalurkan sumbangan materi (uang) secara sukarela. Disini nantinya MNC Grup tampil menjadi salah satu nama institusi media swasta nasional yang dalam kiprahnya ternyata mampu menyalurkan dana bantuan sosial masyarakat bagi Aceh, b) Secara Ideologi dan Politik; untuk penguatan dan posisitioining organisasi seperti ini bagi sebuah media massa komunikasi menjadi potensi dan diharapkan nantinya, secara tidak langsung, dapat menuai keuntungan dan peluang politik terkait dengan dukungan secara moral dan keterikatan kepentingan politik dari masyarakat luas, c) dari pendekatan secara kultural; Aceh secara kultural dan historis merupakan wilayah dengan masyarakatnya yang pertama kali tersentuh gerakan penyebaran Islam di Nusantara.

Diterbitkan
2020-04-27
Bagian
Articles