Booklet Design Regarding The Payudara Self-Examination Program (Sadari) As A Campaign Media For Junior High School Teenage Students In Bandung

Authors

  • Sophia Purbasari Fakultas Komunikasi dan Desain, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Erina Septiannisaa Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Nasional PASIM

DOI:

https://doi.org/10.37278/artcomm.v3i2.360

Keywords:

Breast Self Exam (BSE), Breast Cancer, Young Women, Campaign Media

Abstract

Periksa payudara sendiri (SADARI) merupakan metode deteksi dini untuk mengetahui gejala kanker payudara. Sampai saat ini, kasus kanker payudara merupakan kasus kedua terbesar di Negara Indonesia, terutama di Kota Bandung. Kanker payudara menjadi kasus kanker yang paling beresiko bagi wanita. Sebagai seorang wanita dari seorang remaja putri menjadi seorang wanita, banyak hal penting yang harus diperhatikan mengenai kesehatan dan perkembangan. Oleh karena itu, metode deteksi dini periksa payudara sendiri (SADARI) menjadi salah satu metode yang paling aman untuk dilakukan sejak dini, implementasi metode inipun perlu dilakukan saat usia remaja, yaitu saat mulai terjadinya perkembangan secara fisik. Dalam mengatasi kanker payudara sejak dini pada remaja putri di Kota Bandung, Organisasi Yayasan Kanker Indonesia mengadakan sosialisasi kampanye cegah kanker payudara dengan periksa payudara sendiri (SADARI) melalui media buku infografis atau booklet sebagai solusi atas masalah tersebut. Perancangan buku infografis atau booklet ini memberikan informasi mengenai kanker payudara, gejala, faktor dan resiko, terutama langkah-langkah metode periksa payudara sendiri (SADARI), media inipun dirancang menyesuaikan kebutuhan dari remaja putri sebagai pengetahuan dasar akan kesehatan payudara.

Downloads

Published

2020-11-12

How to Cite

Purbasari, S., & Septiannisaa, E. (2020). Booklet Design Regarding The Payudara Self-Examination Program (Sadari) As A Campaign Media For Junior High School Teenage Students In Bandung. ArtComm : Jurnal Komunikasi Dan Desain, 3(2), 207–230. https://doi.org/10.37278/artcomm.v3i2.360

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>