Pakaian yang Berwatak Mengenali Identitas Karakter melalui Aspek Visual dalam Permainan "No Straight Roads"

Authors

  • Amalia Salsabila Fakultas Pendidikan Seni dan Desain, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Amira Nadine Firmansyah Fakultas Pendidikan Seni dan Desain, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Deviana Putri Avianto Fakultas Pendidikan Seni dan Desain, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ni Made Ramadevi M Fakultas Pendidikan Seni dan Desain, Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37278/artcomm.v7i2.757

Keywords:

character design, personality, identity, storyline, no straight roads

Abstract

Ada banyak sekali cara untuk mengungkapkan informasi. Pada masa ini, kemajuan teknologi telah mengembangkan berbagai jenis media yang dapat digunakan sebagai perantara komunikasi. Dimulai dari cahaya, asap, surat, telepon, ponsel, hingga internet yang biasa kita pakai sehari-hari. Salah satu pemanfaatan teknologi dalam komunikasi adalah media visual. Sekarang ini, penggunaan desain pada sebuah karakter menjadi salah satu aspek penting yang dapat mempengaruhi jalannya sebuah cerita. Pada permainan “No Straight Roadsâ€, setiap karakter memiliki corak desain yang berbeda-beda. Bentuk dan warna pada masing-masing karakter menunjukkan adanya keterkaitan antara desain dan makna yang disampaikan. Adapun makna yang disampaikan melalui desain karakter “No Straight Roads†ini menggambarkan identitas dan kepribadian setiap karakter. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya hubungan antara desain pada setiap karakter dalam permainan “No Straight Roads†dengan latar belakang dan kepribadian masing-masing karakter. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan landasan teori semiotika oleh Roland Barthes. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi analisis. Hasil yang dicapai adalah makna dari desain pada setiap karakter dalam permainan “No Straight Roads†yang merepresentasikan identitas masing-masing karakter yang merupakan salah satu dari bagian penting alur cerita.

References

Leonardo (2020). The importance of immersive character design and world-building.https://demodern.com/blog/the-importance-of-immersive-character-design-and-world-building

Kuntjara, H., & Almanfaluthi, B. (2016). Character Design in Games Analysis of Character Design Theory. Journal of Game, Game Art, and Gamification.

Kline, C., & Blumberg, B. (2017). The Art and Science of Synthetic Character Design.

Fogelström, E. (2013). Investigation of Shapes and Colours as Elements of Character Design.

Nieminen, M. (2017). PSYCHOLOGY IN CHARACTER DESIGN Creation of a Character Design Tool

Ruyattman, M., & Waluyanto, H., & Zacky, A. (2013), Perancangan Buku Panduan Membuat Desain Karakter Fiksi Dua Dimensi secara Digital, Jurnal DKV Adiwarna.

Pettersson, R. (2013). Information design 1. Message design. Tullinge, Sweden: Institute for Infology.

Walgito, B. (2004). Pengantar Psikologi Umum.

Bancroft, T. (2006). Creating Character with Personality. New York: Crown Publishing Group

Marcus, A., & Hashizume, Masaaki, Ma, Xiaojuan, H. A. (2017). Springer Series on Cultural Computing Cuteness Engineering.

Octaviani, MA. (2021). Analisis Semiotika Roland Barthes dalam Film Korea Baseball Girl.

Burgerman, J. (2015). 20 top character design tips. http://www. creativebloq.com/character-design/tips-5132643

Randi Rianduli & Erwin Sianturi, (2023). Metode Konstruktivisme dalam Pembelajaran Seni Musik di SMA Negeri 4 Manado.

Haiqal, M. K., & Hidayat, S. (2017). Penerapan Identitas Visual pada Media Promosi Website Wisata Kerajinan Rajapolah. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Salsabila, A., Firmansyah, A. N., Avianto, D. P., & M, N. M. R. (2024). Pakaian yang Berwatak Mengenali Identitas Karakter melalui Aspek Visual dalam Permainan "No Straight Roads". ArtComm : Jurnal Komunikasi Dan Desain, 7(2), 132–148. https://doi.org/10.37278/artcomm.v7i2.757

Issue

Section

Articles