Pakaian yang Berwatak Mengenali Identitas Karakter melalui Aspek Visual dalam Permainan "No Straight Roads"
DOI:
https://doi.org/10.37278/artcomm.v7i2.757Keywords:
character design, personality, identity, storyline, no straight roadsAbstract
Ada banyak sekali cara untuk mengungkapkan informasi. Pada masa ini, kemajuan teknologi telah mengembangkan berbagai jenis media yang dapat digunakan sebagai perantara komunikasi. Dimulai dari cahaya, asap, surat, telepon, ponsel, hingga internet yang biasa kita pakai sehari-hari. Salah satu pemanfaatan teknologi dalam komunikasi adalah media visual. Sekarang ini, penggunaan desain pada sebuah karakter menjadi salah satu aspek penting yang dapat mempengaruhi jalannya sebuah cerita. Pada permainan “No Straight Roadsâ€, setiap karakter memiliki corak desain yang berbeda-beda. Bentuk dan warna pada masing-masing karakter menunjukkan adanya keterkaitan antara desain dan makna yang disampaikan. Adapun makna yang disampaikan melalui desain karakter “No Straight Roads†ini menggambarkan identitas dan kepribadian setiap karakter. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya hubungan antara desain pada setiap karakter dalam permainan “No Straight Roads†dengan latar belakang dan kepribadian masing-masing karakter. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan landasan teori semiotika oleh Roland Barthes. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi analisis. Hasil yang dicapai adalah makna dari desain pada setiap karakter dalam permainan “No Straight Roads†yang merepresentasikan identitas masing-masing karakter yang merupakan salah satu dari bagian penting alur cerita.
References
Leonardo (2020). The importance of immersive character design and world-building.https://demodern.com/blog/the-importance-of-immersive-character-design-and-world-building
Kuntjara, H., & Almanfaluthi, B. (2016). Character Design in Games Analysis of Character Design Theory. Journal of Game, Game Art, and Gamification.
Kline, C., & Blumberg, B. (2017). The Art and Science of Synthetic Character Design.
Fogelström, E. (2013). Investigation of Shapes and Colours as Elements of Character Design.
Nieminen, M. (2017). PSYCHOLOGY IN CHARACTER DESIGN Creation of a Character Design Tool
Ruyattman, M., & Waluyanto, H., & Zacky, A. (2013), Perancangan Buku Panduan Membuat Desain Karakter Fiksi Dua Dimensi secara Digital, Jurnal DKV Adiwarna.
Pettersson, R. (2013). Information design 1. Message design. Tullinge, Sweden: Institute for Infology.
Walgito, B. (2004). Pengantar Psikologi Umum.
Bancroft, T. (2006). Creating Character with Personality. New York: Crown Publishing Group
Marcus, A., & Hashizume, Masaaki, Ma, Xiaojuan, H. A. (2017). Springer Series on Cultural Computing Cuteness Engineering.
Octaviani, MA. (2021). Analisis Semiotika Roland Barthes dalam Film Korea Baseball Girl.
Burgerman, J. (2015). 20 top character design tips. http://www. creativebloq.com/character-design/tips-5132643
Randi Rianduli & Erwin Sianturi, (2023). Metode Konstruktivisme dalam Pembelajaran Seni Musik di SMA Negeri 4 Manado.
Haiqal, M. K., & Hidayat, S. (2017). Penerapan Identitas Visual pada Media Promosi Website Wisata Kerajinan Rajapolah. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Amalia Salsabila, Amira Nadine Firmansyah, Deviana Putri Avianto, Ni Made Ramadevi M

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish articles in ArtComm : Jurnal Komunikasi dan Desain agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution-ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
