Analisa Kelayakan AR Artbook sebagai Media Promosi Destinasi Pariwisata dan Kebudayaan di Kota Singkawang
DOI:
https://doi.org/10.37278/artcomm.v7i1.814Keywords:
Bahasa Indonesia, Singkawang, Illustration Book, Augmented Reality, Artbook, TourismAbstract
Indonesia merupakan negara dengan keberagaman suku, budaya, dan tradisi tersebar di 17,508 pulau. Hal ini tentu memberikan keunggulan dalam sektor pariwisata yang ada di Indonesia. Salah satunya, Kota Singkawang yang ditajuk Kota Tertoleran di Indonesia namun tidak memiliki angka pariwisata yang fantastis meskipun memiliki banyak tradisi multikultural yang unik dan destinasi serta objek wisata yang menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kelayakan media literatur Buku Ilustrasi yang dikombinasikan dengan teknologi Augmented Reality (AR) sebagai media promosi destinasi pariwisata dan kebudayaan yang ada. Metode penelitian kualitatif dilakukan berdasarkan studi literatur, studi data dan juga studi kasus terhadap penelitian dan perancangan yang sudah dilakukan maupun dipublikasikan. Berdasarkan hasil analisa, ditemukan bahwa media literatur Buku Ilustrasi AR layak menjadi opsi alternatif pendukung yang tidak hanya dapat mendorong media promosi yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Kota Singkawang, namun juga mampu menjadi media pembelajaran terhadap kebudayaan dan pariwisata yang ada di Kota Singkawang.
References
Ardelia, N., Cilla, V., Rachman, A., & Kurniawan, R. (2023). Perancangan Video Motion Graphic Labuan Bajo Sebagai Media Promosi Destinasi Wisata. ArtComm – Jurnal Komunikasi dan Desain , 6(2), 54 -65
Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Barat. (2023). Diakses pada Maret 1, 2024 Perkembangan Pariwisata Kalimantan Barat Desember 2023. Dari https://kalbar.bps.go.id/pressrelease/2024/02/01/1328/terdapat-9-492-kunjungan-wisatawan-mancanegara-di-provinsi-kalimantan-barat-pada-desember-2023.html
Charr, M. (2024). Diakses pada Maret 4, 2024. How Museums are using Augmented Reality. MuseumNext. Dari https://www.museumnext.com/article/how-museums-are-using-augmented-reality/
Dewi, A.F., & Ikbal, M. (2022). Perancangan Augmented Reality (AR) Sebagai Media Promosi Objek Wisata Berbasis Android, Infotek: Jurnal Informatika dan Teknologi, 5(1), 179-186.
Iliyas, R., & Handriyantini, E. (2021). Perancangan Media Interaktif Buku Ilustrasi Menggunakan Augmented Reality
Jumai., & Gina, S. (2023). Analisis Sektor Unggulan di Kota Singkawang berdasarkan Metode Klassen. EKODESTINASI : Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Pariwisata, 1(2), 74-83.
Juniardi, K., & Marjito, R. (2018). URGENSI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MASYARAKAT PLURAL(STUDI KASUS DI KOTA SINGKAWANG. Handep, 1(2), 17-34.
Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. (2018). Diakses pada Februari 27, 2024. Sekilas Tentang Indonesia. Dari https://kemlu.go.id/canberra/id/read/indonesia/2186/etc-menu
Kljun, M., Geroimenko, V., Čopič Pucihar, K. (2020). Augmented Reality in Education: Current Status and Advancement of the Field. In: Geroimenko, V. (eds) Augmented Reality in Education. Springer Series on Cultural Computing. Springer, Cham. https://doi.org/10.1007/978-3-030-42156-4_1
Media Keuangan Kementerian Keuangan Indonesia, (2023). Diakses pada 27 Februari 2024. Kian Melesat di 2023, Pariwisata Indonesia Bersiap Menuju Level Prapandemi Artikel ini telah tayang di situs Media Keuangan | MK+ dengan judul "Kian Melesat di 2023, Pariwisata Indonesia Bersiap Menuju Level Prapandemi-Media Keuangan". Dari https://mediakeuangan.kemenkeu.go.id/article/show/kian-melesat-di-2023-pariwisata-indonesia-bersiap-menuju-level-prapandemi
Noviadji, B., & Hendrawan, A. (2021). Perancangan Buku Ilustrasi sebagai Media Pengenalan Bidang Keilmuan Desain. Jurnal Desain, 8(2), 103-121.
Putra, A.D., Susanto, M.R.D., & Fernando, Y. (2023). Penerapan MDLC Pada Pembelajaran Aksara Lampung Menggunakan Teknologi Augmented Reality. CHAIN: Journal of Computer Technology, Computer Engineering, 1(2), 32-34
Ranawijaya, A., Iryanti, E., & Ferdinanda. (2020). Analisa Hasil Penerapan Teknologi Augmented Reality Sebagai Alternatif Media Promosi Pariwisata , Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 4(2), 260-267.
Rosanto, S., & Chainarta, V. (2022). Daya Tarik Wisata Kota Seribu Klenteng (Kota Singkawang) di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Darmawisata 1(2), 33–37.
Rosanto, S., & Sofiani. (2022). Strategi Pemulihan Pariwisata Kota Seribu Klenteng, Kota Singkawang di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata, 5(3), https://doi.org/10.23887/jmpp.v5i3.51400
Setara Institute. (2024). Diakses pada Februari 27,2024. Indeks Kota Toleran Tahun 2023. Pustaka Masyarakat Setara.
Suwarso,W. (2021). Peran Masyarakat dalam Promosi Pariwisata Kota Singkawang. Jurnal PIKMA: Publikasi Media Dan Cinema, 3(2), 146-156.
Talitha, R.M., Iqbal, M., & Putra, D.R. (2021). Perancangan Buku Ilustrasi Taman Sari Yogyakarta. SINGULARITY: Jurnal Desain dan Industri Kreatif, 2(2), 133-140.
Utama, A.Y. (2017). Penggunaan Augmented Reality Sebagai Media Promosi Pariwisata di Kabupaten Karanganyar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ryo Chandra Putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish articles in ArtComm : Jurnal Komunikasi dan Desain agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution-ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).