Analisa Kelayakan AR Artbook sebagai Media Promosi Destinasi Pariwisata dan Kebudayaan di Kota Singkawang

Authors

  • Ryo Chandra Putra Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Teknik dan Desain, Universitas Pradita

DOI:

https://doi.org/10.37278/artcomm.v7i1.814

Keywords:

Bahasa Indonesia, Singkawang, Illustration Book, Augmented Reality, Artbook, Tourism

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan keberagaman suku, budaya, dan tradisi tersebar di 17,508 pulau. Hal ini tentu memberikan keunggulan dalam sektor pariwisata yang ada di Indonesia. Salah satunya, Kota Singkawang yang ditajuk Kota Tertoleran di Indonesia namun tidak memiliki angka pariwisata yang fantastis meskipun memiliki banyak tradisi multikultural yang unik dan destinasi serta objek wisata yang menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kelayakan media literatur Buku Ilustrasi yang dikombinasikan dengan teknologi Augmented Reality (AR) sebagai media promosi destinasi pariwisata dan kebudayaan yang ada. Metode penelitian kualitatif dilakukan berdasarkan studi literatur, studi data dan juga studi kasus terhadap penelitian dan perancangan yang sudah dilakukan maupun dipublikasikan. Berdasarkan hasil analisa, ditemukan bahwa media literatur Buku Ilustrasi AR layak menjadi opsi alternatif pendukung yang tidak hanya dapat mendorong media promosi yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Kota Singkawang, namun juga mampu menjadi media pembelajaran terhadap kebudayaan dan pariwisata yang ada di Kota Singkawang.

References

Ardelia, N., Cilla, V., Rachman, A., & Kurniawan, R. (2023). Perancangan Video Motion Graphic Labuan Bajo Sebagai Media Promosi Destinasi Wisata. ArtComm – Jurnal Komunikasi dan Desain , 6(2), 54 -65

Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Barat. (2023). Diakses pada Maret 1, 2024 Perkembangan Pariwisata Kalimantan Barat Desember 2023. Dari https://kalbar.bps.go.id/pressrelease/2024/02/01/1328/terdapat-9-492-kunjungan-wisatawan-mancanegara-di-provinsi-kalimantan-barat-pada-desember-2023.html

Charr, M. (2024). Diakses pada Maret 4, 2024. How Museums are using Augmented Reality. MuseumNext. Dari https://www.museumnext.com/article/how-museums-are-using-augmented-reality/

Dewi, A.F., & Ikbal, M. (2022). Perancangan Augmented Reality (AR) Sebagai Media Promosi Objek Wisata Berbasis Android, Infotek: Jurnal Informatika dan Teknologi, 5(1), 179-186.

Iliyas, R., & Handriyantini, E. (2021). Perancangan Media Interaktif Buku Ilustrasi Menggunakan Augmented Reality

Jumai., & Gina, S. (2023). Analisis Sektor Unggulan di Kota Singkawang berdasarkan Metode Klassen. EKODESTINASI : Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Pariwisata, 1(2), 74-83.

Juniardi, K., & Marjito, R. (2018). URGENSI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MASYARAKAT PLURAL(STUDI KASUS DI KOTA SINGKAWANG. Handep, 1(2), 17-34.

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. (2018). Diakses pada Februari 27, 2024. Sekilas Tentang Indonesia. Dari https://kemlu.go.id/canberra/id/read/indonesia/2186/etc-menu

Kljun, M., Geroimenko, V., Čopič Pucihar, K. (2020). Augmented Reality in Education: Current Status and Advancement of the Field. In: Geroimenko, V. (eds) Augmented Reality in Education. Springer Series on Cultural Computing. Springer, Cham. https://doi.org/10.1007/978-3-030-42156-4_1

Media Keuangan Kementerian Keuangan Indonesia, (2023). Diakses pada 27 Februari 2024. Kian Melesat di 2023, Pariwisata Indonesia Bersiap Menuju Level Prapandemi Artikel ini telah tayang di situs Media Keuangan | MK+ dengan judul "Kian Melesat di 2023, Pariwisata Indonesia Bersiap Menuju Level Prapandemi-Media Keuangan". Dari https://mediakeuangan.kemenkeu.go.id/article/show/kian-melesat-di-2023-pariwisata-indonesia-bersiap-menuju-level-prapandemi

Noviadji, B., & Hendrawan, A. (2021). Perancangan Buku Ilustrasi sebagai Media Pengenalan Bidang Keilmuan Desain. Jurnal Desain, 8(2), 103-121.

Putra, A.D., Susanto, M.R.D., & Fernando, Y. (2023). Penerapan MDLC Pada Pembelajaran Aksara Lampung Menggunakan Teknologi Augmented Reality. CHAIN: Journal of Computer Technology, Computer Engineering, 1(2), 32-34

Ranawijaya, A., Iryanti, E., & Ferdinanda. (2020). Analisa Hasil Penerapan Teknologi Augmented Reality Sebagai Alternatif Media Promosi Pariwisata , Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 4(2), 260-267.

Rosanto, S., & Chainarta, V. (2022). Daya Tarik Wisata Kota Seribu Klenteng (Kota Singkawang) di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Darmawisata 1(2), 33–37.

Rosanto, S., & Sofiani. (2022). Strategi Pemulihan Pariwisata Kota Seribu Klenteng, Kota Singkawang di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata, 5(3), https://doi.org/10.23887/jmpp.v5i3.51400

Setara Institute. (2024). Diakses pada Februari 27,2024. Indeks Kota Toleran Tahun 2023. Pustaka Masyarakat Setara.

Suwarso,W. (2021). Peran Masyarakat dalam Promosi Pariwisata Kota Singkawang. Jurnal PIKMA: Publikasi Media Dan Cinema, 3(2), 146-156.

Talitha, R.M., Iqbal, M., & Putra, D.R. (2021). Perancangan Buku Ilustrasi Taman Sari Yogyakarta. SINGULARITY: Jurnal Desain dan Industri Kreatif, 2(2), 133-140.

Utama, A.Y. (2017). Penggunaan Augmented Reality Sebagai Media Promosi Pariwisata di Kabupaten Karanganyar.

Published

2024-04-29

How to Cite

Putra, R. C. (2024). Analisa Kelayakan AR Artbook sebagai Media Promosi Destinasi Pariwisata dan Kebudayaan di Kota Singkawang. ArtComm : Jurnal Komunikasi Dan Desain, 7(1), 10–22. https://doi.org/10.37278/artcomm.v7i1.814

Issue

Section

Articles