Strategi Komunikasi Bisnis dalam Sistem Perekrutan Prospek Multi-Level Marketing Tiens di Kota Cimahi
DOI:
https://doi.org/10.37278/artcomm.v7i1.825Keywords:
Communication Strategies, Tiens MLM, Business, ShariaAbstract
Penelitian ini berfokus pada bisnis penjualan Multi-level Marketing (MLM) Tiens Syariah di Cimahi, yang mendapatkan sertifikasi halal dari BPOM di 100 negara dan dipertahankan oleh Dewan Syariah Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI). Penelitian ini mengeksplorasi pelaksanaan, masalah perekrutan, dan strategi komunikasi dalam bisnis MLM ini, serta mempertimbangkan perspektif etika bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif karena informasi yang diperoleh dari wawancara ditulis dan digunakan untuk menjelaskan suatu fenomena atau masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran MLM Tiens Syariah berfokus pada merekrut anggota baru untuk menjual produk. Distributor baru membeli paket keanggotaan dan starter kit untuk memulai. Pelaksanaan MLM ini dilakukan melalui pertemuan rutin, seminar, dan acara pengenalan produk. Namun, terdapat perdebatan di masyarakat mengenai kehalalan dan keabsahan bisnis ini. Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan wawasan tentang pelaksanaan bisnis MLM Tiens Syariah, isu-etika yang muncul, serta perdebatan di masyarakat seputar bisnis ini. Kesadaran akan keberlanjutan dan transparansi dalam operasi MLM menjadi kunci dalam membangun hubungan yang berkelanjutan dengan anggota dan masyarakat.
References
Antonio, M. S. (2005). Mengenal MLM Syari’ah Dari Halal-Haram, Kiat Berwirausaha, Sampai dengan Pengelolanya. Tangerang: Qultum Media.
Cialdini, R. B., & Cialdini, R. B. (2007). Influence: The psychology of persuasion (Vol. 55). Collins New York.
Fimaulidina, N. R. (2020). Sertifikasi Syariah Bagi Rumah Sakit di Indonesia Perspektif Fatwa DSN MUI dan Undang-Undang 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit. Journal of Islamic Business Law, 4(1), 22–33.
Griffin, R. W., & Ebert, R. J. (2008). Bisnis, edisi 8, jilid 1. Erlangga.
Harahap, S. S. (2011). Etika bisnis dalam perspektif islam.
Kisata, P. (2005). Why Not MLM-sisi lain MLM. Gramedia Pustaka Utama.
Kotler, P. (2001). Marketing management, millenium edition. Prentice-Hall, Inc.
Petty, R. E., Cacioppo, J. T., Petty, R. E., & Cacioppo, J. T. (1986). The elaboration likelihood model of persuasion. Springer.
Rhenald, K. (2010). Modul kewirausahaan. Jakarta Selatan: PT Mizan Publika.
Sukirno, S., & others. (2017). Pengantar bisnis. Prenada Media.
Suryana, D., & Si, M. (2006). Kewirausahaan: Pedoman Praktis (Kiat dan proses menuju sukses). Jakarta: Salemba Empat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fadila Fujiyanti, Detya Wiryany, Wawan Darmawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish articles in ArtComm : Jurnal Komunikasi dan Desain agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).