Analisis User Interface Website Garuda Indonesia Berdasarkan Prinsip Hick's Law

Authors

  • Vincent Liem Fakultas Teknik dan Desain, Universitas Pradita

DOI:

https://doi.org/10.37278/artcomm.v7i2.947

Keywords:

Website, Garuda Indonesia, Hick's Law, UI/UX

Abstract

Perkembangan teknologi telah mempermudah kehidupan, salah satunya melalui website yang memadukan teks, gambar, suara, dan animasi untuk menarik pengunjung serta menyebarkan informasi dengan cepat. Desain User Interface (UI) dan User Experience (UX) sangat penting untuk kenyamanan dan kemudahan penggunaan website. Website Garuda Indonesia memfasilitasi pembelian dan pengecekan harga tiket penerbangan, menekankan kenyamanan pengguna untuk mengurangi human error, yang bisa dihindari dengan pengetahuan dan motivasi yang memadai. Penelitian ini menggunakan prinsip Hick’s Law, yang menyatakan bahwa semakin banyak pilihan, semakin lama waktu pengambilan keputusan, untuk menganalisis dan memberikan rekomendasi perbaikan pada website Garuda Indonesia guna meningkatkan kualitas dan fungsionalitasnya.

References

Cowan, N. (2001). The magical number 4 in short-term memory: A reconsideration of mental storage capacity. Behavioral and Brain Sciences, 24(1), 87-185. https://doi.org/10.1017/S0140525X01003922

Fransiska, F. R. Riko, C. N dan A. Zaidiah 2020. PERANCANGAN DESAIN USER INTERFACE LOST AND FOUND. Seminar Nasional Mahasiswa Ilmu Komputer dan Aplikasinya (SENAMIKA) 1(1): 312-318

Hick, W. E., & Hyman, R. (1952). The decision time for simple choices. Quarterly Journal of Experimental Psychology, 4(1), 11-26. https://doi.org/10.1080/17470215208416600

Johnson, J. (2010). Designing with the Mind in Mind: Simple Guide to Understanding User Interface Design Rules. Morgan Kaufmann.

Kurniawan, I. (2020, December 3). Hick’s Law in User Experience. School of Information

Systems.

Kusahiri, M. (2014). E-Commerce: Konsep, Implementasi dan Praktik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Interaction Design Foundation.

Lidwell, W., Holden, K., & Butler, J. (2003). Universal Principles of Design: A Cross- Disciplinary Reference. Rockport Publishers.

Miller, G. A. (1956). The magical number seven, plus or minus two: Some limits on our capacity for processing information. Psychological Review, 63(2), 81-97. https://doi.org/10.1037/h0043158

Nielsen, J. (1994). Usability Engineering. Morgan Kaufmann.

Norman, D. A. (2013). The Design of Everyday Things: Revised and Expanded Edition. Basic Books.

Reason, J. (2014). The Swiss cheese model. In J. Reason, & N. J. Rasmussen (Eds.), Managing human error in complex systems. Farnham, UK: Ashgate Publishing. 47-59

Riri, I. S. Dwi, C. P. dan Yosef, Y. 2023. Perancangan Film Dokumenter “Parsan”

Sebagai Apresiasi terhadap Sosok Parsan, Pelukis Poster Manual Bioskop Rajawali Purwokerto. BESAUNG: Jurnal Seni Desain dan Budaya 8(1): 91-96

Soegaard, M. (2024, May 20). Hick’s Law: Making the choice easier for users. The

Schwartz, B. (2004). The Paradox of Choice: Why More Is Less. HarperCollins.

Sweller, J. (1988). Cognitive Load During Problem Solving: Effects on Learning. Cognitive Science, 12(2), 257-285. https://doi.org/10.1207/s15516709cog1202_4

The best way to learn UX/UI design. (n.d.).

Tullis, T., & Albert, B. (2013). Measuring the User Experience: Collecting, Analyzing, and Presenting Usability Metrics. Morgan Kaufmann.

Widyana, A. I., & Waluyanto, H. D. (2022, June 22). Pengembangan Kreativittas Desainer Melalui Aplikasi Grafis Dalam Perancangan Desain Komunikasi Visual.

Yablonski, J. (n.d.). Hick’s Law | Laws of UX. Laws of UX.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Liem, V. (2024). Analisis User Interface Website Garuda Indonesia Berdasarkan Prinsip Hick’s Law. ArtComm : Jurnal Komunikasi Dan Desain, 7(2), 175–185. https://doi.org/10.37278/artcomm.v7i2.947

Issue

Section

Articles