Perancangan Ulang Visual Branding CE Homewear untuk Memperkuat Citra Merek di Pasar Homewear
DOI:
https://doi.org/10.37278/artcomm.v7i2.981Keywords:
Visualbranding, brand awareness, business-to-businessAbstract
PT. Mitra Emeraldye Cotama merupakan perusahaan yang melakukan kegiatan produksi di bidang fashion dengan merek dagang CÉ Homewear. CÉ Homewear menerapkan transaksi Business-to-Business (B2B). Namun, banyak khalayak yang kurang memahami maksud dan tujuan bisnis dari CÉ Homewear dengan menduga bahwa perusahaan tersebut hanya menjual pakaian saja bukan sebagai produsen dengan transaksi B2B. Dari dasar tersebut dilakukan sebuah penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan brand awareness konsumen terhadap perusahaan dalam perancangan ulang visual branding CE Homewear. Dalam proses perancangan ini menggunakan metode Design Thinking. Pengumpulan data dengan melakukan wawancara agar memperoleh kebenaran informasi secara jelas, selanjutnya dengan kuesioner untuk memperoleh data dari sudut pandang konsumen dan studi literatur untuk menjadi acuan pembuatan desain. Data yang sudah dikumpulkan akan dianalisis menggunakan metode SWOT. Dilanjut dengan strategi perancangan komunikasi yaitu menggunakan metode AISAS. Hasil dari perancangan ulang visual branding CE Homewear adalah meningkatnya brand awareness konsumen dibuktikan dengan naiknya engagement media sosial dan bertambahnya mitra baru CE Homewear. Kenaikan engagement tersebut kenaikan pada engagement rate pada postingan reels pertama sebesar 0,35% dan 0,69% untuk postingan reels kedua. Selain itu bertambahnya jumlah mitra baru sebesar 16 orang menjadi indikator keberhasilan brand awareness suatu perusahaan.
References
Adella, G., Hadiprawiro, Y., & Prastiwinarti, W. (2022). Perancangan Ulang Label Kemasan Chip&Joe.
PROSIDING SEMINAR NASIONAL TETAMEKRAF, 1(2).
Ainun, N., Maming, R., & Wahida, A. (2023). Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun Branding Pada Umkm. Jesya, 6(1), 674–681. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.967
Asmita, D., & Erianjoni. (2019). Perilaku Konsumtif Mahasiswi dalam Mengikuti Trend Fashion Masa
Kini (Studi Kasus Mahasiswi Sosiologi FIS UNP). Jurnal Perspektif, 2(2), 1.https://doi.org/10.24036/perspektif.v2i2.66
Christian Arisandy, K. (2021). Perancangan Ulang Visual Branding Noir Coffee & Space Untuk Memperkuat Brand Identity Bisnis Model B2b. 4(2), 612–627. http://aksa.stsrdvisi.ac.id
Dwijayaputra, I. (2021). Homewear, Tren Fashion Masa Kini yang Fleksible dan Nyaman. https://www.viva.co.id/vstory/fashion-vstory/1372514-homewear-tren-fashion-masa-kini-yang fleksible-dan-nyaman
Fajri, D. L. (2022). B2B Adalah Transaksi Antar Pelaku Usaha, Ini Penjelasan Lengkapnya. https://katadata.co.id/agung/ekonopedia/62cfb3b47dc9d/b2b-adalah-transaksi-antar-pelaku-usaha-ini-penjelasan-lengkapnya
Febriani Prastika, A., Denny Nugraha, N., & Apsari, D. (2021). Perancangan Identitas Visual Untuk Startup Sedyain Visual Identity Design For Sedyain Startup Company. E-Proceding of Art & Design, 8(6), 2773.
Gunawan, I. (2023). Transaksi E-Commerce B2B Diramal Tumbuh 25 Persen Tahun Ini. https://ekonomi.bisnis.com/read/20230119/12/1619803/transaksi-e-commerce-b2b-diramal-tumbuh-25-persen-tahun-ini
Hafidah, S. (2022). Analisis Kepuasan, Loyalitas dan Penjualan pada Perusahaan yang Melayani Transaksi
Business to Business (Studi Kasus: PT. KK Label Indonesia). Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3(06), 724–739. https://doi.org/10.36418/jist.v3i6.432
Hidayah, N. (2020). Analisis Permintaan Dan Penawaran Terhadap Barang Pokok Dan Non Pokok. Jurnal
Ekonomi Dan Bisnis (JEBSIS) Politeknik Praktisi Bandung, 3(2).
Jordan, A., & Rahmasari, E. A. (2022). Perancangan Ulang Corporate Identity Pt. Horizon International.
Jurnal Citrakara, 4(3), 395–410. Kementrian Kordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. (2022, October 1). Perkembangan UMKM sebagai Critical Engine Perekonomian Nasional Terus Mendapatkan Dukungan Pemerintah. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4593/perkembangan-umkm-sebagai-critical- engine-perekonomian-nasional-terus-mendapatkan-dukungan-pemerintah
Oscario, A. (2013). Pentingnya Peran Logo dalam Membangun Brand. Humaniora, 4(1), 191. https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i1.3429
Pratama, D. B. (2020). Hubungan Elastisitas Permintaan Dengan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah
(Umkm) Jawa Timur.
Rizaldi, M. (2021). Perancangan Informasi Edukasi tentang Lingerie Melalui Media Buku Ilustrasi.
Roziqin, A. K., Arianto, W., & Saprudin, S. (2023). Perancangan Company Profile Berbasis Web sebagai Sarana Pemasaran pada PT Japung Kreasindo Bersama. Journal of Research and Publication Innovation, 1(2), 384–394.
Sitanggang, M., & Sos, S. (2023). Engagement Pustakawan Dengan Pemustaka Melalui Instagram Perpustakaan PTKI Medan. In Jurnal IPI (Ikatan Pustakawan Indonesia (Vol. 8, Issue 1). https://store.sirclo.com/blog/cara-
Windusancono, B. A. (2021). Upaya Percepatan Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Bakti Bestin, Gifari Aji Soemarta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish articles in ArtComm : Jurnal Komunikasi dan Desain agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution-ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
