PSYCHOLOGY HEALTH : PSYCHOLOGY HELPING EVERYONE AND LET THEM HAPPY

GERAKAN DONOR DARAH

  • Evi Srinur Hastuti Fakultas Psikologi, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Nahda Kurnia Fakultas Psikologi, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Anggian Heksa EJ Fakultas Psikologi, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Devi Febriyani Fakultas Psikologi, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
Kata Kunci: Healthy, donor darah, Psychology

Abstrak

Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk maka kebutuhan cadangan darah terus meningkat, dan yang terjadi jumlah pasokan dengan permintaan darah di beberapa UTD (Unit Transfusi Darah tidak seimbang, sehingga menyebabkan kelangkaan darah. Kelangkaan darah tersebut umumnya disebabkan oleh minimnya jumlah pendonor darah sukarela yang rutin dan aktif melakukan kegiatan donor darah (Sari, 2010).

Untuk itulah Senat Fakultas Psikologi UNIBI bekerjasama dengan pihak Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Kota Bandung menyelanggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa bakti social donor darah dengan mengajak seluruh tenaga kependidikan maupun non kependidikan untuk mau peduli dengan melakukan donor darah. Adapaun kegiatan ini bertemakan PSYCHOLOGY HEALTHPsychology Helping Everyone and Let Them Happy : Gerakan Donor Darah”.

Dari rangkaian kegiatan tersebut donor darah tersebut, dari target kantong darah sebanyak 100 labu, terkumpul 30 kantong darah. Tidak sesuainya pecapaian target terjadi karena kondisi fisik atau kesehatan peserta donor darah

Diterbitkan
2019-07-29
Bagian
Articles