E-Marketing Dalam Meningkatkan Profit Di Sentra Rajut Binongjati

  • Vika Aprianti Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Ratih Hadiantini Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi informasi menjadi momentum percepatan terhadap perkembangan industri fesyen di semua skala, termasuk di Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Namun, pengetahuan untuk memanfaatkan teknologi tersebut memang belum merata diakibatkan oleh berbagai hal diantaranya adalah masih gagapnya para pelaku industri dan belum mengetahui trik dalam menggunakan aplikasi-aplikasi yang bisa menjadi media pemasaran online. Komunitas Kampoeng Rajoet Binong Jati dirasa merupakan sentra industri rajut yang sangat potensial untuk dikembangkan mengingat permintaan tehadap produk fesyen di Indonesia terus meningkat.beberapa masalah teridentifikasi terdapat dalam sentra ini. Salah satu masalah yang dapat diberikan solusi yaitu terkait pemasaran, karena mayoritas pengrajin rajun masih menggunakan media dan teknik yang konvensional. Para pengrajin belum sepenuhnya memanfaatkan media online dalam memasarkan produknya. Dari rangkaian kegiatan pengabdian dalam bentuk wawancara pra acara, pelatihan dan pendampingan setelah acara, terdapat peningkatan keterampilan dari para pengrajin dalam menggunakan media online untuk memasarkan produknya. Sasaran pasar pun menjadi luas, dan penjualan pun meningkat.

Published
2021-01-18