Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Berekayasa dan Berteknologi Melalui Wawasan Software Development pada Peserta Didik SMP Negeri 7 Bandung
DOI:
https://doi.org/10.37278/bhaktikaryadaninovatif.v4i1.726Keywords:
Pancasila student profile, Engineering and Technology, Software DevelopmentAbstract
Pentingnya wawasan software development atau pemrograman bagi peserta didik dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi perkembangan peserta didik dalam berbagai aspek kehidupan. Tujuan untuk memberikan pengetahuan, keterampilan, dan peluang kepada peserta didik untuk berkontribusi dalam memajukan Indonesia melalui pengembangan perangkat lunak. Pemrograman melibatkan pemecahan masalah secara logis dan sistematis. Tahapan-tahapan yang dilakukan dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat adalah penjajakan dengan mitra, wawancara, kunjungan langsung untuk melakukan analisa sebagai bahan penyusunan program, koordinasi dengan mitra terkait program yang akan dijalankan, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi. Setelah dilakukan pemaparan materi bentuk evaluasi kegiatan dilakukan dengan post-test, penyebaran pertanyaan sama dengan pertanyaan pada saat pre-test. Hasil Pos-test menunjukkan peningkatan pengetahuan peserta pelatihan rata-rata sebesar 45,6%.
References
Armadani, P., Sari, P. K., Abdullah, F. A., & Setiawan, M. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Siswa-Siswi SMA Negeri 1 Junjung Sirih. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(1), 341–347. https://doi.org/10.5281/ZENODO.7527654
Masnur, M., Aminullah, A., Elihami, E., & Elihami, E. (2022). Pelatihan Pengembangan Modul Projek Profil Pelajar Pancasila pada Sekolah Penggerak Jenjang SD. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 4(2), 469–476. https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/5620
Paranita, S. (2023). Nilai-Nilai Nuju Jerami Sebagai Sumber Pendidikan dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Kearifan Lokal Bangka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1992–1998. https://doi.org/10.31004/JPDK.V5I1.11168
Rahayuningtyas, I., & Nunukhariyati, U. (2023). EVALUASI PROGRAM PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (Studi di SMP IT Al Uswah Surabaya). Inspirasi Manajemen Pendidikan, 11(1).
Rahmawati, M., Nurlina, N., Lilianti, L., Usman, U., Risnajayanti, R., Salma, S., & Amaliah, W. O. S. (2021). Peran Guru dalam Merancang Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal di Masa Pandemi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1527-1539. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V6I3.1802
SMPN 7 BANDUNG. (2023). WEBSITE SMP NEGERI 7 BANDUNG. https://smpn7-bandung.sch.id/
Umam, K., Akbar, M., Roziqin, A. K., Laksana, A., Prasetyo, D., Alamin, H., Satifa, O., Pangestu, R. A., Pangestika, R. A., Arianto, W., Rachmatika, R. (2023). SOSIALISASI KOMPUTER DAN PEMROGRAMAN JAVA KEPADA MURID SMK KIHAJAR DEWANTARA JAMBE. Abdi Jurnal Publikasi, 1(3), 316–321. https://doi.org/10.24034/J25485024.Y1999.V3.I2.1886
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Budiman Budiman, Elia Setiana, Venia Restreva Danestiara, Valencia Claudia Jennifer Kaunang, Dirham Triyadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
<