Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Berekayasa dan Berteknologi Melalui Wawasan Software Development pada Peserta Didik SMP Negeri 7 Bandung

Authors

  • Budiman Budiman Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Elia Setiana Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Venia Restreva Danestiara Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Valencia Claudia Jennifer Kaunang Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi dan Informatika, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Dirham Triyadi Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi dan Informatika, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37278/bhaktikaryadaninovatif.v4i1.726

Keywords:

Pancasila student profile, Engineering and Technology, Software Development

Abstract

Pentingnya wawasan software development atau pemrograman bagi peserta didik dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi perkembangan peserta didik dalam berbagai aspek kehidupan. Tujuan untuk memberikan pengetahuan, keterampilan, dan peluang kepada peserta didik untuk berkontribusi dalam memajukan Indonesia melalui pengembangan perangkat lunak. Pemrograman melibatkan pemecahan masalah secara logis dan sistematis. Tahapan-tahapan yang dilakukan dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat adalah penjajakan dengan mitra, wawancara, kunjungan langsung untuk melakukan analisa sebagai bahan penyusunan program, koordinasi dengan mitra terkait program yang akan dijalankan, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi. Setelah dilakukan pemaparan materi bentuk evaluasi kegiatan dilakukan dengan post-test, penyebaran pertanyaan sama dengan pertanyaan pada saat pre-test. Hasil Pos-test menunjukkan peningkatan pengetahuan peserta pelatihan rata-rata sebesar 45,6%.

References

Armadani, P., Sari, P. K., Abdullah, F. A., & Setiawan, M. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Siswa-Siswi SMA Negeri 1 Junjung Sirih. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(1), 341–347. https://doi.org/10.5281/ZENODO.7527654

Masnur, M., Aminullah, A., Elihami, E., & Elihami, E. (2022). Pelatihan Pengembangan Modul Projek Profil Pelajar Pancasila pada Sekolah Penggerak Jenjang SD. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 4(2), 469–476. https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/5620

Paranita, S. (2023). Nilai-Nilai Nuju Jerami Sebagai Sumber Pendidikan dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Kearifan Lokal Bangka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1992–1998. https://doi.org/10.31004/JPDK.V5I1.11168

Rahayuningtyas, I., & Nunukhariyati, U. (2023). EVALUASI PROGRAM PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (Studi di SMP IT Al Uswah Surabaya). Inspirasi Manajemen Pendidikan, 11(1).

Rahmawati, M., Nurlina, N., Lilianti, L., Usman, U., Risnajayanti, R., Salma, S., & Amaliah, W. O. S. (2021). Peran Guru dalam Merancang Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal di Masa Pandemi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1527-1539. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V6I3.1802

SMPN 7 BANDUNG. (2023). WEBSITE SMP NEGERI 7 BANDUNG. https://smpn7-bandung.sch.id/

Umam, K., Akbar, M., Roziqin, A. K., Laksana, A., Prasetyo, D., Alamin, H., Satifa, O., Pangestu, R. A., Pangestika, R. A., Arianto, W., Rachmatika, R. (2023). SOSIALISASI KOMPUTER DAN PEMROGRAMAN JAVA KEPADA MURID SMK KIHAJAR DEWANTARA JAMBE. Abdi Jurnal Publikasi, 1(3), 316–321. https://doi.org/10.24034/J25485024.Y1999.V3.I2.1886

Published

2024-02-21