Pemberdayaan Siswa melalui Pendidikan Kewirausahaan dan Penggunaan Google Analytics di SMAN 16 Kota Bandung

Authors

  • Budiman Budiman Informatika, Fakultas Teknologi dan Informatika, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Acep Hendra Sistem Informasi, Fakultas Teknologi dan Informatika, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Dirham Triyadi Informatika, Fakultas Teknologi dan Informatika, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Yoga Rizki Rahmawan Informatika, Fakultas Teknologi dan Informatika, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37278/bhaktikaryadaninovatif.v4i2.875

Keywords:

Self-development, entrepreneurship, digital marketing, google analytics

Abstract

Kegiatan pengembangan diri di SMAN 16 Bandung dan inovasi kurikulum double track memiliki dampak signifikan dalam konteks pendidikan dan persiapan siswa. Survei angket 2022/2023 menunjukkan 28% siswa kelas XII tidak berencana melanjutkan ke perguruan tinggi, mendorong sekolah untuk memperkenalkan kurikulum double track. Program ini menyediakan keterampilan kewirausahaan bagi siswa yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi, bekerja sama dengan UNIBI untuk memberikan pelatihan kewirausahaan. Kegiatan pengembangan diri juga mempersiapkan siswa untuk menjadi anggota produktif dalam masyarakat dengan program yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja. Dalam bisnis rintisan, strategi pemasaran digital melalui Google Analytics membantu meningkatkan kesadaran merek dan menjangkau target pasar lebih efektif. Analisis data digital memberikan wawasan tentang perilaku konsumen dan efektivitas kampanye pemasaran, memungkinkan penyesuaian strategi pemasaran. Dengan pendekatan holistik ini, SMAN 16 Bandung tidak hanya menyediakan pendidikan formal tetapi juga membentuk karakter dan kesiapan siswa untuk menghadapi tantangan dunia nyata, memastikan manfaat berkelanjutan bagi siswa dan masyarakat.

References

Amaliyah, A., & Rahmat, A. (2021). Pengembangan Potensi Diri Peserta Didik Melalui Proses Pendidikan. Attadib: Journal of Elementary Education, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.32507/attadib.v5i1.926

Endratama, A. A., & Wulandari, I. (2023). Pelatihan Digital Merketing pada UMKM Rintisan di Sektor Industri Rumah Tangga. Journal of Social Responsibility Projects by Higher Education Forum, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.47065/jrespro.v4i2.4550

Harita, A., Laia, B., & Zagoto, S. F. L. (2022). Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa SMP Negeri 3 Onolalu Tahun Pelajaran 2021/2022. Counseling For All : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.57094/jubikon.v2i1.375

Harto, B., Pramuditha, P., Rukmana, A., Sofyan, H., Rengganawati, H., Dwijayanti, A., & Sumarni, T. (2023). Strategi Social Media Marketing Melalui Dukungan Teknologi Informasi dalam Kajian Kualitatif Pada UMKM Kota Bandung. KOMVERSAL, 5, 244–261. https://doi.org/10.38204/komversal.v5i2.1499

Inriyani, Y. (n.d.). Peran kegiatan ekstrakurikuler untuk meningkatkan prestasi belajar IPS.

Iriani, A., Aini, Q., Maria, E., Khoirunisa, A., & Septiani, N. (2022). Kekuatan Pendorong Utama di Balik Adopsi Pemasaran Digital oleh Startup. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 3(2), 150–156. https://doi.org/10.34306/abdi.v3i2.837

Judijanto, L., Fauzi, I., Telaumbanua, E., Syamsulbahri, S., & Merung, A. Y. (2024). Analisis Pengaruh Budaya Organisasi, Kepemimpinan Inovatif, dan Teknologi Digital terhadap Keberhasilan Bisnis Industri Startup di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science, 2(01), Article 01. https://doi.org/10.58812/jekws.v2i01.886

Khairunnisah, R., Caroboka, R. M., Zianaida, R. S., & Zabir, B. (2023). Perilaku Komunikasi Pemasaran Online Offline Melalui Omnichannel dalam Membangun Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). JSIKOM, 2(3), Article 3.

Ningsih, D. H. U., Santoso, D. B., Mariana, N., & Saefurrohman, S. (2022). Model Serach Engine Optimization (SEO) bagi UMKM Untuk Meningkatkan Popularitas dan Pengunjung Website. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), 11(3), Article 3. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v11i3.1505

Novitasari, D., Pebrina, E. T., Sutardi, D., Nugroho, Y. A., & Putra, F. (2022). Pelatihan Digital Marketing dan Social Media Marketing Terhadap Pelaku UMKM di Tangerang. Journal of Community Service and Engagement, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.9999/jocosae.v2i2.39

Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Implementasinya. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622

Trulline, P. (2021). Pemasaran produk UMKM melalui media sosial dan e-commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(2), 259. https://doi.org/10.24198/jmk.v5i2.32746

Warman, Susilowati, E., Matori, Z., Setiawan, M., & Tominsen, Y. (2024). Pengembangan Kurikulum Responsif untuk Pendidikan Bermutu Melalui Penerapan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Ilmiah Transformatif, 8(4), Article 4. https://edu.ojs.co.id/index.php/jpit/article/view/297

Published

2024-08-15