Pemberdayaan Siswa melalui Pendidikan Kewirausahaan dan Penggunaan Google Analytics di SMAN 16 Kota Bandung
DOI:
https://doi.org/10.37278/bhaktikaryadaninovatif.v4i2.875Keywords:
Self-development, entrepreneurship, digital marketing, google analyticsAbstract
Kegiatan pengembangan diri di SMAN 16 Bandung dan inovasi kurikulum double track memiliki dampak signifikan dalam konteks pendidikan dan persiapan siswa. Survei angket 2022/2023 menunjukkan 28% siswa kelas XII tidak berencana melanjutkan ke perguruan tinggi, mendorong sekolah untuk memperkenalkan kurikulum double track. Program ini menyediakan keterampilan kewirausahaan bagi siswa yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi, bekerja sama dengan UNIBI untuk memberikan pelatihan kewirausahaan. Kegiatan pengembangan diri juga mempersiapkan siswa untuk menjadi anggota produktif dalam masyarakat dengan program yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja. Dalam bisnis rintisan, strategi pemasaran digital melalui Google Analytics membantu meningkatkan kesadaran merek dan menjangkau target pasar lebih efektif. Analisis data digital memberikan wawasan tentang perilaku konsumen dan efektivitas kampanye pemasaran, memungkinkan penyesuaian strategi pemasaran. Dengan pendekatan holistik ini, SMAN 16 Bandung tidak hanya menyediakan pendidikan formal tetapi juga membentuk karakter dan kesiapan siswa untuk menghadapi tantangan dunia nyata, memastikan manfaat berkelanjutan bagi siswa dan masyarakat.
References
Amaliyah, A., & Rahmat, A. (2021). Pengembangan Potensi Diri Peserta Didik Melalui Proses Pendidikan. Attadib: Journal of Elementary Education, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.32507/attadib.v5i1.926
Endratama, A. A., & Wulandari, I. (2023). Pelatihan Digital Merketing pada UMKM Rintisan di Sektor Industri Rumah Tangga. Journal of Social Responsibility Projects by Higher Education Forum, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.47065/jrespro.v4i2.4550
Harita, A., Laia, B., & Zagoto, S. F. L. (2022). Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa SMP Negeri 3 Onolalu Tahun Pelajaran 2021/2022. Counseling For All : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.57094/jubikon.v2i1.375
Harto, B., Pramuditha, P., Rukmana, A., Sofyan, H., Rengganawati, H., Dwijayanti, A., & Sumarni, T. (2023). Strategi Social Media Marketing Melalui Dukungan Teknologi Informasi dalam Kajian Kualitatif Pada UMKM Kota Bandung. KOMVERSAL, 5, 244–261. https://doi.org/10.38204/komversal.v5i2.1499
Inriyani, Y. (n.d.). Peran kegiatan ekstrakurikuler untuk meningkatkan prestasi belajar IPS.
Iriani, A., Aini, Q., Maria, E., Khoirunisa, A., & Septiani, N. (2022). Kekuatan Pendorong Utama di Balik Adopsi Pemasaran Digital oleh Startup. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 3(2), 150–156. https://doi.org/10.34306/abdi.v3i2.837
Judijanto, L., Fauzi, I., Telaumbanua, E., Syamsulbahri, S., & Merung, A. Y. (2024). Analisis Pengaruh Budaya Organisasi, Kepemimpinan Inovatif, dan Teknologi Digital terhadap Keberhasilan Bisnis Industri Startup di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science, 2(01), Article 01. https://doi.org/10.58812/jekws.v2i01.886
Khairunnisah, R., Caroboka, R. M., Zianaida, R. S., & Zabir, B. (2023). Perilaku Komunikasi Pemasaran Online Offline Melalui Omnichannel dalam Membangun Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). JSIKOM, 2(3), Article 3.
Ningsih, D. H. U., Santoso, D. B., Mariana, N., & Saefurrohman, S. (2022). Model Serach Engine Optimization (SEO) bagi UMKM Untuk Meningkatkan Popularitas dan Pengunjung Website. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), 11(3), Article 3. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v11i3.1505
Novitasari, D., Pebrina, E. T., Sutardi, D., Nugroho, Y. A., & Putra, F. (2022). Pelatihan Digital Marketing dan Social Media Marketing Terhadap Pelaku UMKM di Tangerang. Journal of Community Service and Engagement, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.9999/jocosae.v2i2.39
Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Implementasinya. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622
Trulline, P. (2021). Pemasaran produk UMKM melalui media sosial dan e-commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(2), 259. https://doi.org/10.24198/jmk.v5i2.32746
Warman, Susilowati, E., Matori, Z., Setiawan, M., & Tominsen, Y. (2024). Pengembangan Kurikulum Responsif untuk Pendidikan Bermutu Melalui Penerapan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Ilmiah Transformatif, 8(4), Article 4. https://edu.ojs.co.id/index.php/jpit/article/view/297
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Budiman Budiman, Acep Hendra, Dirham Triyadi, Yoga Rizki Rahmawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
<