Inovasi Produk sebagai Implementasi Growth Strategy untuk Meningkatkan Daya Saing Industri Kafe di Kota Bandung

  • Feby Olivia Malau Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Siti Hawa Salsabila Fitri Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Vika Aprianti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Vina Novianti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
Keywords: Pasar Kosambi Bandung, Analisis SWOT, Matriks BCG, Matriks GE, Matriks TOWS

Abstract

Penelitian ini berfokus pada strategi yang tepat untuk meningkatkan daya saing kafe X yang terletak di The Hallway Space Pasar Kosambi Bandung dalam menghadapi persaingan di industri kuliner yang semakin berkembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan strategi yang efektif untuk memperluas pangsa pasar dan meningkatkan posisi kompetitif kafe X. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, menggunakan analisis SWOT untuk mengevaluasi faktor internal dan eksternal, serta matriks BCG, GE, dan TOWS untuk merumuskan strategi. Hasil analisis menunjukkan bahwa kafe X berada pada posisi “Question Marks” di matriks BCG, dengan peluang pertumbuhan yang signifikan namun pangsa pasar yang masih rendah. Hasil analisis matriks GE menunjukkan posisi kafe X berada pada kotak Va yang memiliki arti bahwa faktor eksternal memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap kinerja bisnis dibanding dengan faktor internal. Sementara itu, matriks TOWS menunjukkan posisi kafe X sangat tepat untuk mererapkan strategi SO. Usulan alternatif strategi yang paling tepat adalah growth strategy dengan melakukan inovasi produk, yaitu meluncurkan menu baru berupa dessert yang bernama “Chocolate Shards”.