Inovasi Produk sebagai Implementasi Growth Strategy untuk Meningkatkan Daya Saing Industri Kafe di Kota Bandung
Abstract
Penelitian ini berfokus pada strategi yang tepat untuk meningkatkan daya saing kafe X yang terletak di The Hallway Space Pasar Kosambi Bandung dalam menghadapi persaingan di industri kuliner yang semakin berkembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan strategi yang efektif untuk memperluas pangsa pasar dan meningkatkan posisi kompetitif kafe X. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, menggunakan analisis SWOT untuk mengevaluasi faktor internal dan eksternal, serta matriks BCG, GE, dan TOWS untuk merumuskan strategi. Hasil analisis menunjukkan bahwa kafe X berada pada posisi “Question Marks” di matriks BCG, dengan peluang pertumbuhan yang signifikan namun pangsa pasar yang masih rendah. Hasil analisis matriks GE menunjukkan posisi kafe X berada pada kotak Va yang memiliki arti bahwa faktor eksternal memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap kinerja bisnis dibanding dengan faktor internal. Sementara itu, matriks TOWS menunjukkan posisi kafe X sangat tepat untuk mererapkan strategi SO. Usulan alternatif strategi yang paling tepat adalah growth strategy dengan melakukan inovasi produk, yaitu meluncurkan menu baru berupa dessert yang bernama “Chocolate Shards”.
Copyright (c) 2025 Feby Olivia Malau, Siti Hawa Salsabila Fitri, Vika Aprianti, Vina Olivia Novianti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish articles in Jurnal Bhakti Karya dan Inovatif agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).