Peningkatan Pemahaman Investasi pada Siswa SMK Logistik Sumedang

Authors

  • Retno Widya Ningrum Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Irfan Achmad Musadat Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Agung Achmad Pramayuda Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Aninditha Putri Kusumawardhani Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Okta Eka Putra Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37278/bhaktikaryadaninovatif.v4i2.976

Keywords:

financial literacy, students, financial management, investation

Abstract

Generasi muda melek investasi menjadi hal penting dalam perkembangan ekonomi di masa depan. Investasi pada dasarnya bertujuan untuk mendapatkan nilai lebih di masa depan dari konsumsi yang ditahan di masa sekarang (Ekananda, 2018). Sedangkan, keputusan investasi adalah suatu tindakan yang melalui pemikiran mengenai keuntungan dan risiko yang akan dihadapi dari pemilihan investasi tersebut (Milzam dkk, 2024). Sehingga, sebelum melakukan Keputusan investasi Masyarakat harus memiliki pengetahuan mengenai investasi yang mumpuni. Target peserta dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini yaitu siswa SMK Logistik. Siswa SMK Logistik saat ini merupakan gen-Z. Gen-Z adalah generasi yang diperkirakan lahir pada tahun 1995 hingga tahun 2012 (Sawitri, 2023). Gen-Z memiliki karakter salah satunya yaitu sangat paham teknologi dan berani mengambil risiko. Lulusan dari SMK Logistik Sumedang akan menjadi Masyarakat yang meneruskan perekonomian Indonesia. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini di SMK Logistik Sumedang adalah pendekatan service learning. Rahdiyanta dan Hidayat (2016) dalam Rusli dkk (2022) menyatakan bahwa metodologi ini merupakan metodologi yang cocok untuk digunakan dalam lingkup dunia Pendidikan karena merupakan gabungan antara pengalaman Masyarakat dan pengetahuan akademis. Metodologi ini memiliki tujuan untuk memberikan konstribusi secara langsung melalui proses penyampaian materi seperti pengajaran kepada para siswa sehingga tercapainya peningkatan pemahaman investasi bagi para siswa. Berdasarkan hasil kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di SMK Logistik Sumedang, para siswa memiliki antusiasme yang tinggi mengenai investasi terutama pada instrumen dengan nominal investasi yang rendah mulai dari Rp 10.000 seperti reksa dana atau pun menabung emas melalui platform investasi digital.

References

Ekananda, M. (2018). Manajemen Investasi. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Milzam, M., dkk. (2024). Analisis Keputusan Investasi Gen Z melalui Literasi Keuangan dan Risk Tolerance. Journal Geoekonomi. Volume 15 Nomor 1.

Rusli, T.S., dkk. (2022). Pengantar Metodologi Pengabdian Masyarakat. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Sawitri, D.S. (2023). Perkembangan Karier Generasi Z: Tantangan dan Strategi dalam Mewujudkan SDM Indonesia yang Unggul. Semarang: Universitas Diponegoro.

Sukmawati, K. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Motivasi Investasi dan Modal Minimal terhadap Minat Berinvestasi Gen Z pada Aplikasi Bibit. Serat Acitya – Jurnal Ilmiah UNTAG Semarang. Vol. 12 No.1.

Published

2024-08-15