PENGARUH METODE REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMBAGIAN MATEMATIKA KELAS 4 DI SDN BINONG JATI

  • Pradiptya Septyant Putri Fakultas Psikologi , Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Nida Khairina Fakultas Psikologi , Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Rani Oktaviani Fakultas Psikologi , Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Fitri Rostiani Fakultas Psikologi , Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
Kata Kunci: Metode Realistic Mathematics Education (RME), Kemampuan Pembagian Matematika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Realistic Mathematics Education (RME)pada siswa kelas IV di  SDN 145 Binong Jati Bandung dalam memahami konsep pembagian matematik. Penelitian ini menggunakan Metode quasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Non Equivalent Pretest posttes control group design (pretest-posttest dua kelompok). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV di SDN 145 Binong Jati Bandung,  yang terdiri dari 4 kelas dan masing-masing kelas terdiri dari 33 siswa. Subjek penelitian diperoleh dengan teknik pusposive sampling Hasil dari penilitian ini menunjukan bahwa metode RME berpengaruh terhadap pemahaman konsep operasi hitung pembagian. Hal ini dikarenakan metode RME menggunakan benda-benda konkret yang sering ditemui dalam kegiatan sehari-hari siswa yang sesuai dengan tahap perkembangan kognitif anak usia 10 tahun, yaitu pada tahap operasional konkret. Sehingga membuat siswa lebih antusias untuk belajar dan memudahkan siswa untuk memahami konsep operasi hitung pembagian matematika.

Diterbitkan
2019-12-10