ChatGPT The Relationship between Perceptions of Husband Support and Anxiety in Primigravida Pregnant Women during the Pregnancy Process at Puskesmas X in Tasikmalaya City.

  • Neni Sholihat
  • Andre Ahmad Jayad Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

Abstract

Ibu hamil primigravida adalah ibu yang pertama kali mengalami proses kehamilan. Dalam menjalani kehamilannya, ibu hamil primigravida umumnya mengalami berbagai bentuk kekhawatiran, dikarenakan ketidak tahuan dan tidak adanya pengalaman menjalani kehamilan sebelumnya. Secara emosional dan psikologis, ibu hamil primigravida juga perlu menyesuaikan diri dengan berbagai perubahan emosi, dan suasana mental yang dialami akibat perubahan-perubahan fisik dan hormonal yang terjadi secara fisiologis terkait kondisi kehamilannya. Secara umum, mereka mengalami kecemasan mengenai kehamilan dan proses persalinan yang akan mereka hadapi. Untuk bisa menjalani proses kehamilan dan persiapan persalinan dengan lancar dan bahagia, ibu hamil primigravida perlu mendapat dukungan dan bantuan baik secara fisik maupun psikologis dari orang-orang terdekatnya. Penelitian ini bermaksud mengetahui bagaimana persepsi ibu hamil primigravida mengenai dukungan yang diberikan suaminya dalam menjalani proses kehamilan dan hubungannya dengan kecemasan yang mereka rasakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian korelasional. Sampel yang digunakan adalah 54 orang ibu hamil primigravida di salah satu Puskesmas di Kota Tasikmalaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil primigravida yang mempersepsikan mendapat dukungan dari suaminya, tidak merasakan kecemasan dalam menjalani kehamilan dan mempersiapkan proses persalinan.

Published
2019-12-16
How to Cite
Sholihat, N., & Jayad, A. (2019). ChatGPT The Relationship between Perceptions of Husband Support and Anxiety in Primigravida Pregnant Women during the Pregnancy Process at Puskesmas X in Tasikmalaya City. Jurnal Ilmiah Psikologi (JIPSI), 1(1), 35-42. https://doi.org/10.37278/jipsi.v1i1.234