Peran Rumah BUMN Bandung dalam Mendukung UMKM Go Digital: Studi Kasus Program Peningkatan Kapasitas

Authors

  • Miftah Farid Administrasi Bisnis, Politeknik LP3I
  • Poniah Juliawati Administrasi Bisnis, Politeknik LP3I

DOI:

https://doi.org/10.37278/eprofit.v7i1.1148

Keywords:

Digitalisasi, Pendampingan Bisnis, Pemasaran Digital, Rumah BUMN, UMKM

Abstract

Perkembangan teknologi digital mendorong UMKM untuk beradaptasi agar tetap kompetitif. Rumah BUMN Bandung berperan dalam membantu UMKM bertransformasi secara digital melalui program peningkatan kapasitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran Rumah BUMN Bandung dalam mendukung UMKM bertransformasi ke digital, tantangan yang dihadapi, serta upaya yang dilakukan untuk mengatasinya. Digitalisasi menjadi penting karena dapat meningkatkan daya saing UMKM, memperluas pasar, dan mempercepat pertumbuhan bisnis. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan koordinator Rumah BUMN Bandung dan survei kepada UMKM peserta program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM merasakan manfaat dari program ini, tetapi menghadapi kendala seperti kurangnya pemahaman teknologi, akses internet terbatas, dan biaya implementasi tinggi. Untuk mengatasinya, Rumah BUMN Bandung menyediakan pelatihan praktis, pendampingan berkelanjutan, serta bekerja sama dengan agensi digital dan media. Ke depan, diperlukan pelatihan offline lebih intensif, program inkubator bisnis, serta dukungan pemasaran digital.

References

Friska, N. L., Anisah, H. U., & Hidayatullah, M. (2024). Dampak Digitalisasi Terhadap Pertumbuhan UMKM di Negara Berkembang. 2(4).

Ilhami, M. W., Vera Nurfajriani, W., Mahendra, A., Sirodj, R. A., & Afgani, W. (2024). Penerapan Metode Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(9), 462–469. https://doi.org/10.5281/zenodo.11180129

INDEF. (2024). PeranPlatformDigitalTerhadapPengembanganUmkmDiIndonesia. 10–40.

Jayanthi, R., & Dinaseviani, A. (2022). Kesenjangan Digital dan Solusi yang Diterapkan di Indonesia Selama Pandemi COVID-19. JURNAL IPTEKKOM Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 24(2), 187–200. https://doi.org/10.17933/iptekkom.24.2.2022.187-200

KEMENKOPUKM. (2020). Transformasi Digital. KEMENKOP UKM, 1–88. https://eperpustakaan.kemenkopukm.go.id/index.php?p=fstream-pdf&fid=155&bid=1547

Khristiana, Y., Santosa, J., Utomo, A., & Ahmad, L. (2024). STRATEGI DIGITALISASI UMKM : PENDAMPINGAN DAN IMPLEMENTASI DI KAMPUNG BATIK PUNGSARI , SRAGEN. 3(02), 99–109.

Liong, K. (2022). Analisis Penerapan Good Corporate Governance PT Bank Central Asia Tbk. Jurnal Studi Pemerintahan Dan Akuntabilitas, 2(1), 1–28. https://doi.org/10.35912/jastaka.v2i1.1668

Nugraha, R. W., & Sudiana, K. (2023). Pengaruh Entrepreneurial Competency , Marketing Capability , Financial Resources , Knowledge Sharing , Technology Usage , Terhadap Keberhasilan Usaha UMKM Pada Binaan Umkm Rumah Kreatif Bumn Bandung. 10(2), 849–863.

Perdagangan, P. K. (2024). Perdagangan Digital ( E-Commerce ) Indonesia Periode 2023. 1–8.

Permana, T., & Puspitaningsih, A. (2021). Studi Ekonomi Digital Di Indonesia. Jurnal Simki Economic, 4(2), 161–170. https://doi.org/10.29407/jse.v4i2.111

Putren, I., Ali, I., Aisya, S., & Nurrizqi, R. (2024). Meningkatkan Daya Saing UMKM dalam Ekosistem Startup melalui Digital Marketing. 6(1), 8–13.

Rahmi. (2021). Bab I Pendahuluanبا حض خ ِ ي. Galang Tanjung, 2504, 1–9.

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Saragih, J. F. L., Faradilla, A. J., Nasution, R. A., Tafonao, D. F. A., Pitaloka, D., Amelia, B., & Dongoran, D. (2024). Menutup Kesenjangan Digital: Studi tentang Meningkatkan Kehidupan UMKM Melalui Literasi Digital. Jurnal Kolaboratif Sains, 7(5), 1788–1795. https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/JKS

Sundari, S., & Sulistyowarni, I. (2021). Pemberdayaan UMKM Melalui Digital Marketing Guna Meningkatkan Ketahanan Ekonomi Di Masa Pandemi. InE-Prosiding Seminar Nasional Manajemen Dan Akuntansi STIE Semarang (SENMAS), 2(1), 106–123. http://eprosiding.stiesemarang.ac.id/index.php/SNMAS/article/view/18%0Ahttp://eprosiding.stiesemarang.ac.id/index.php/SNMAS/article/download/18/18

Utami, N., Oktaviani, N., Rohaeni, S., & Yuliyana, vina. (2024). Peran Transformasi Digital Bagi Keberlanjutan Usaha Mikro Di Era Modern. JurnalEkonomidanBisnisDigital, 2(01), 423–431.

Zahra, R. A., & Julia, A. (2024). Efektivitas Pelatihan di Rumah BUMN Bandung BRI terhadap Peningkatan Kualitas SDM UMKM. 35–40.

Published

2025-04-24

How to Cite

Farid, M., & Juliawati, P. (2025). Peran Rumah BUMN Bandung dalam Mendukung UMKM Go Digital: Studi Kasus Program Peningkatan Kapasitas. Economics Professional in Action (E-Profit), 7(1), 72–82. https://doi.org/10.37278/eprofit.v7i1.1148