Peran Rumah BUMN Bandung dalam Mendukung UMKM Go Digital: Studi Kasus Program Peningkatan Kapasitas
DOI:
https://doi.org/10.37278/eprofit.v7i1.1148Keywords:
Digitalisasi, Pendampingan Bisnis, Pemasaran Digital, Rumah BUMN, UMKMAbstract
Perkembangan teknologi digital mendorong UMKM untuk beradaptasi agar tetap kompetitif. Rumah BUMN Bandung berperan dalam membantu UMKM bertransformasi secara digital melalui program peningkatan kapasitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran Rumah BUMN Bandung dalam mendukung UMKM bertransformasi ke digital, tantangan yang dihadapi, serta upaya yang dilakukan untuk mengatasinya. Digitalisasi menjadi penting karena dapat meningkatkan daya saing UMKM, memperluas pasar, dan mempercepat pertumbuhan bisnis. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan koordinator Rumah BUMN Bandung dan survei kepada UMKM peserta program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM merasakan manfaat dari program ini, tetapi menghadapi kendala seperti kurangnya pemahaman teknologi, akses internet terbatas, dan biaya implementasi tinggi. Untuk mengatasinya, Rumah BUMN Bandung menyediakan pelatihan praktis, pendampingan berkelanjutan, serta bekerja sama dengan agensi digital dan media. Ke depan, diperlukan pelatihan offline lebih intensif, program inkubator bisnis, serta dukungan pemasaran digital.
References
Friska, N. L., Anisah, H. U., & Hidayatullah, M. (2024). Dampak Digitalisasi Terhadap Pertumbuhan UMKM di Negara Berkembang. 2(4).
Ilhami, M. W., Vera Nurfajriani, W., Mahendra, A., Sirodj, R. A., & Afgani, W. (2024). Penerapan Metode Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(9), 462–469. https://doi.org/10.5281/zenodo.11180129
INDEF. (2024). PeranPlatformDigitalTerhadapPengembanganUmkmDiIndonesia. 10–40.
Jayanthi, R., & Dinaseviani, A. (2022). Kesenjangan Digital dan Solusi yang Diterapkan di Indonesia Selama Pandemi COVID-19. JURNAL IPTEKKOM Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 24(2), 187–200. https://doi.org/10.17933/iptekkom.24.2.2022.187-200
KEMENKOPUKM. (2020). Transformasi Digital. KEMENKOP UKM, 1–88. https://eperpustakaan.kemenkopukm.go.id/index.php?p=fstream-pdf&fid=155&bid=1547
Khristiana, Y., Santosa, J., Utomo, A., & Ahmad, L. (2024). STRATEGI DIGITALISASI UMKM : PENDAMPINGAN DAN IMPLEMENTASI DI KAMPUNG BATIK PUNGSARI , SRAGEN. 3(02), 99–109.
Liong, K. (2022). Analisis Penerapan Good Corporate Governance PT Bank Central Asia Tbk. Jurnal Studi Pemerintahan Dan Akuntabilitas, 2(1), 1–28. https://doi.org/10.35912/jastaka.v2i1.1668
Nugraha, R. W., & Sudiana, K. (2023). Pengaruh Entrepreneurial Competency , Marketing Capability , Financial Resources , Knowledge Sharing , Technology Usage , Terhadap Keberhasilan Usaha UMKM Pada Binaan Umkm Rumah Kreatif Bumn Bandung. 10(2), 849–863.
Perdagangan, P. K. (2024). Perdagangan Digital ( E-Commerce ) Indonesia Periode 2023. 1–8.
Permana, T., & Puspitaningsih, A. (2021). Studi Ekonomi Digital Di Indonesia. Jurnal Simki Economic, 4(2), 161–170. https://doi.org/10.29407/jse.v4i2.111
Putren, I., Ali, I., Aisya, S., & Nurrizqi, R. (2024). Meningkatkan Daya Saing UMKM dalam Ekosistem Startup melalui Digital Marketing. 6(1), 8–13.
Rahmi. (2021). Bab I Pendahuluanبا حض خ ِ ي. Galang Tanjung, 2504, 1–9.
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Saragih, J. F. L., Faradilla, A. J., Nasution, R. A., Tafonao, D. F. A., Pitaloka, D., Amelia, B., & Dongoran, D. (2024). Menutup Kesenjangan Digital: Studi tentang Meningkatkan Kehidupan UMKM Melalui Literasi Digital. Jurnal Kolaboratif Sains, 7(5), 1788–1795. https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/JKS
Sundari, S., & Sulistyowarni, I. (2021). Pemberdayaan UMKM Melalui Digital Marketing Guna Meningkatkan Ketahanan Ekonomi Di Masa Pandemi. InE-Prosiding Seminar Nasional Manajemen Dan Akuntansi STIE Semarang (SENMAS), 2(1), 106–123. http://eprosiding.stiesemarang.ac.id/index.php/SNMAS/article/view/18%0Ahttp://eprosiding.stiesemarang.ac.id/index.php/SNMAS/article/download/18/18
Utami, N., Oktaviani, N., Rohaeni, S., & Yuliyana, vina. (2024). Peran Transformasi Digital Bagi Keberlanjutan Usaha Mikro Di Era Modern. JurnalEkonomidanBisnisDigital, 2(01), 423–431.
Zahra, R. A., & Julia, A. (2024). Efektivitas Pelatihan di Rumah BUMN Bandung BRI terhadap Peningkatan Kualitas SDM UMKM. 35–40.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Miftah Farid, Poniah Juliawati .

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish articles in Economics Professional in Action (E-Profit) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).