Growth Strategy Untuk Meningkatkan Competitive Advantage Pada Soft Ice Cream Melalui Program Peningkatan Product Quality dan Loyalitas Pelanggan

Authors

  • Ratih Hadiantini Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Salma Putry Anjan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Andia Janash Mumstha Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Raoda Abd Rahman Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Fitria Angelia Ridwan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Triara Septi Nadilla Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37278/eprofit.v6i2.936

Keywords:

IFAS, EFAS, Keunggulan Konpetitif, Inovasi Produk, Pemasaran Inovtif

Abstract

Industri es krim di Indonesia telah mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Peningkatan ini disebabkan oleh perubahan gaya hidup dan preferensi konsumen yang semakin mencari produk makanan penutup yang lezat dan menyegarkan. Pertumbuhan ekonomi dan urbanisasi juga berkontribusi pada peningkatan daya beli konsumen, yang mendorong permintaan terhadap produk es krim. Namun, dengan pertumbuhan ini, persaingan di pasar juga semakin ketat dengan banyaknya pemain baru baik lokal maupun internasional yang masuk dengan berbagai inovasi dan strategi pemasaran yang agresif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih lanjut strategi pertumbuhan untuk meningkatkan keunggulan kompetitif pada bisnis soft ice cream melalui program peningkatan kualitas produk dan loyalitas pelanggan. Pendekatan penelitian meliputi analisis lingkungan internal meliputi Marketing Mix, analisis STP yang akan dirangkum dalam tabel IFAS dan analisis eksternal meliputi PESTEL analisis yang akan di rangkum ke dalam tabel EFAS serta membuat formulasi strategi serta membuat rancangan untuk implementasi strategi, evaluasi dan pengendalian strategi pada bisnis soft ice cream. Dengan memahami preferensi konsumen, berinovasi dalam produk dan layanan, serta mematuhi regulasi yang berlaku dan fokus pada pengembangan produk baru dan strategi pemasaran yang lebih inovatif guna memperluas pasar.

References

Aeni, I. N., Widiatami, A. K., Widhiastuti, R., Susilowati, N., Perdana, S. (2024), Determinants of Personal Financial Management Behavior: Moderating Role of Financial Literacy. KnE Social Sciences, 208–222. DOI 10.18502/kss.v9i4.15070

Bogdan dan Taylor, 2010 J. Moleong, Lexy. 1989.Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remadja Karya.

David, Fred R. 2006. Manajemen Strategis : Konsep. Edisi Sepuluh. Jakarta : Salemba Empat

Denzin & Lincoln. 2009. Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Dharma, Surya, 2013. Manajemen Kinerja, Falsafah Teori dan Penerapannya. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Drucker,P.F. 1974,”The Practice of Management”, New York : Harper & Row.

Falah, A. S., & Dewi, L. S. (2023). PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN LABA RUGI PADA UMKM ICE CREAM CINGCAU KAMPUNG PANYUSUHAN. Jurnal Pengabdian Mandiri Vol.2, No.7 SSN: (Print) | (Online), 1-5.

Fitrahdini. 2010. Analisis Persepsi Konsumen terhadap Ekuitas Merek Produk Es Krim, Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, Vol. 3, No. 1, h. 74-81.

Hadiyati, E. (2012). Kreativitas dan inovasi pengaruhnya terhadap pemasaran kewirausahaan pada usaha kecil. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 1(03), 135-151.

Loudon, Kenneth C. Jane P. Laudon, 2008; Sistem Informasi Manajemen (Edisi Bahasa Indonesia). Penerbit Salemba Empat, Jakarta

Margono, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta :Rineka Cipta

Popy Rufaidah. 2012. Manajemen Strategik. Bandung: Humaniora.

Rahmadani, S. I. (2023). STRATEGI PEMASARAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMILIH ICE CREAM AICE. Comserva Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Volume 03 No. 03 e-ISSN: 2798-5210 p-ISSN: 2798-5652, 919-928.

Rahmawati, R. D., & Rosyidi, P. d. (2012). TINGKAT PENAMBAHAN BAHAN PENGEMBANG PADA PEMBUATAN ES KRIM INSTAN DITINJAU DARI MUTU ORGANOLEPTIK DAN TINGKAT KELARUTAN.

Suryana. 2013. Ekonomi Keatif, Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang. Jakarta: Salemba Empat.

Published

2024-10-24

How to Cite

Hadiantini, R., Anjan, S. P., Mumstha, A. J., Rahman, R. A., Ridwan, F. A., & Nadilla, T. S. (2024). Growth Strategy Untuk Meningkatkan Competitive Advantage Pada Soft Ice Cream Melalui Program Peningkatan Product Quality dan Loyalitas Pelanggan. Economics Professional in Action (E-Profit), 6(2), 182–194. https://doi.org/10.37278/eprofit.v6i2.936