Growth Strategy Untuk Meningkatkan Competitive Advantage Pada Soft Ice Cream Melalui Program Peningkatan Product Quality dan Loyalitas Pelanggan
DOI:
https://doi.org/10.37278/eprofit.v6i2.936Keywords:
IFAS, EFAS, Keunggulan Konpetitif, Inovasi Produk, Pemasaran InovtifAbstract
Industri es krim di Indonesia telah mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Peningkatan ini disebabkan oleh perubahan gaya hidup dan preferensi konsumen yang semakin mencari produk makanan penutup yang lezat dan menyegarkan. Pertumbuhan ekonomi dan urbanisasi juga berkontribusi pada peningkatan daya beli konsumen, yang mendorong permintaan terhadap produk es krim. Namun, dengan pertumbuhan ini, persaingan di pasar juga semakin ketat dengan banyaknya pemain baru baik lokal maupun internasional yang masuk dengan berbagai inovasi dan strategi pemasaran yang agresif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih lanjut strategi pertumbuhan untuk meningkatkan keunggulan kompetitif pada bisnis soft ice cream melalui program peningkatan kualitas produk dan loyalitas pelanggan. Pendekatan penelitian meliputi analisis lingkungan internal meliputi Marketing Mix, analisis STP yang akan dirangkum dalam tabel IFAS dan analisis eksternal meliputi PESTEL analisis yang akan di rangkum ke dalam tabel EFAS serta membuat formulasi strategi serta membuat rancangan untuk implementasi strategi, evaluasi dan pengendalian strategi pada bisnis soft ice cream. Dengan memahami preferensi konsumen, berinovasi dalam produk dan layanan, serta mematuhi regulasi yang berlaku dan fokus pada pengembangan produk baru dan strategi pemasaran yang lebih inovatif guna memperluas pasar.
References
Aeni, I. N., Widiatami, A. K., Widhiastuti, R., Susilowati, N., Perdana, S. (2024), Determinants of Personal Financial Management Behavior: Moderating Role of Financial Literacy. KnE Social Sciences, 208–222. DOI 10.18502/kss.v9i4.15070
Bogdan dan Taylor, 2010 J. Moleong, Lexy. 1989.Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remadja Karya.
David, Fred R. 2006. Manajemen Strategis : Konsep. Edisi Sepuluh. Jakarta : Salemba Empat
Denzin & Lincoln. 2009. Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Dharma, Surya, 2013. Manajemen Kinerja, Falsafah Teori dan Penerapannya. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Drucker,P.F. 1974,”The Practice of Management”, New York : Harper & Row.
Falah, A. S., & Dewi, L. S. (2023). PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN LABA RUGI PADA UMKM ICE CREAM CINGCAU KAMPUNG PANYUSUHAN. Jurnal Pengabdian Mandiri Vol.2, No.7 SSN: (Print) | (Online), 1-5.
Fitrahdini. 2010. Analisis Persepsi Konsumen terhadap Ekuitas Merek Produk Es Krim, Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, Vol. 3, No. 1, h. 74-81.
Hadiyati, E. (2012). Kreativitas dan inovasi pengaruhnya terhadap pemasaran kewirausahaan pada usaha kecil. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 1(03), 135-151.
Loudon, Kenneth C. Jane P. Laudon, 2008; Sistem Informasi Manajemen (Edisi Bahasa Indonesia). Penerbit Salemba Empat, Jakarta
Margono, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta :Rineka Cipta
Popy Rufaidah. 2012. Manajemen Strategik. Bandung: Humaniora.
Rahmadani, S. I. (2023). STRATEGI PEMASARAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMILIH ICE CREAM AICE. Comserva Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Volume 03 No. 03 e-ISSN: 2798-5210 p-ISSN: 2798-5652, 919-928.
Rahmawati, R. D., & Rosyidi, P. d. (2012). TINGKAT PENAMBAHAN BAHAN PENGEMBANG PADA PEMBUATAN ES KRIM INSTAN DITINJAU DARI MUTU ORGANOLEPTIK DAN TINGKAT KELARUTAN.
Suryana. 2013. Ekonomi Keatif, Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang. Jakarta: Salemba Empat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ratih Hadiantini, Salma Putry Anjan, Andia Janash Mumstha, Raoda Abd Rahman, Fitria Angelia Ridwan, Triara Septi Nadilla

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish articles in Economics Professional in Action (E-Profit) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).