PENERAPAN E-COMMERCE BERBASIS BUSINESS TO CUSTOMER (B2C) PADA INDUSTRI GARMENT

  • Erwin Yulianto Fakultas Teknik, Universitas Langlangbuana
  • Amras Mauluddin Fakultas Teknik, Universitas Langlangbuana

Abstract

Banyak sekali perusahaan yang bergerak pada bidang garment di Indonesia yang tidak hanya fokus
di bidang produksi / manufaktur, namun juga telah melebarkan sayapnya ke arah pemasaran /
penjualan melalui toko-toko ritel, konsinyasi, dan berbagai cara lainnya. Sayangnya mekanisme
pemasaran / penjualan khususnya pada proses pembukuan dan pemesanan masih dilakukan secara
offline. Sebagian besar pelanggan memesan pakaian melalui via email sehingga proses bisnis
kurang berjalan secara efektif dan efisien, sehingga hal tersebut menjadi suatu permasalahan.
Penjualan metode konvensional yang selama ini berjalan kurang memiliki pasar yang luas dan
waktunya terbatas. Sebuah sistem yang baik sangat diperlukan pada saat ini untuk meningkatkan
efisiensi dan daya saing perusahaan. Dengan menggunakan internet, penjualan bisa dilakukan
secara online atau sering disebut E-Commerce. E-Commerce diharapkan dapat memudahkan dan
meningkatkan produktivitas pemasaran / penjualan dari perusahaan-perusahaan Garment.
Penelitian ini berisi tentang analisis dan perancangan sistem informasi E-Commerce berbasis
Business to Customer (B2C) yang menggunakan metode penelitian berupa studi pustaka,
pengumpulan data, dan wawancara. Metode pendekatan yang digunakan adalah terstruktur, dengan
alat bantu analisis perancangan sistem berupa flowmap, diagram konteks, Data Flow Diagram,
kamus data dan alat perancangan database yang diusulkan berupa Entity Relationship Diagram.
Pembuatan perangkat lunak dalam penelitian ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dan
untuk database menggunakan My-SQL dimana software development life cycle-nya menggunakan
model Waterfall untuk pengembangan aplikasinya. Penerapan Business to Customer (B2C) pada
sistem informasi E-Commerce akan membantu dan memudahkan perusahaan garment dalam
memasarkan / menjual produk-produknya melalui promosi dengan cakupan yang lebih luas
sehingga diharapkan pangsa pasar dan omzet penjualan akan semakin meningkat dan biaya
produksi dapat ditekan seefisien mungkin.

Published
2019-04-18
Section
Articles