KAJIAN UNSUR-UNSUR KOMUNIKASI SENI DALAM PERTUNJUKAN PRE EVENT PASAR SENI INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG (ITB) PADA KEGIATAN THE CITY HALL FAIRGROUND KEUKEN #5

  • Diwan Setiawan Fakultas Komunikasi dan Desain, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Rachmawati Windyaningrum Fakultas Komunikasi dan Desain, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia

Abstract

Pasar seni ITB merupakan salah satu kegiatan yang rutin diselengarakan oleh Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB, kegiatan ini diselengarakan setiap 4 tahun sekali dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat. Pada tahun 2014 panitia Pasar seni ITB 2014 Pasar Seni ITB kembali mengangkat sebuah fenomena sosial yang dianggap sebagai persoalan dalam masyarakat. Dengan mengusung tajuk "Antara Aku". Untuk mengenalkan kegiatan tersebut, maka dibuatlah promosi melalui pre event yang dilaksanakan oleh panitia Pasar seni ITB 2014 pada acara The City Hall Fairground Keuken #5. Kegiatan promosi tersebut tidak terlepas dari unsur komunikasi dan seni. Melibatkan pertunjukan seni yang terdiri dari seni instalasi, seni lukis, dan seni grafis video mapping menjadikan kegiatan promosi tersebut menyita perhatian banyak pengunjung. Perpaduan unsur komunikasi dan seni menjadi pelengkap bagi terciptanya pemaknaan dan tercapainya tujuan komunikasi. Kajian unsur-unsur komunikasi seni pada kegiatan tersebut menimbulkan pengalaman estetis dan makna bahwa Pasar Seni ITB 2014 akan lebih ramai serta menampilkan pertunjukan seni maupun karya seni yang lebih indah dan menarik lagi.

Published
2017-11-17
Section
Articles