PENGARUH DARI MEDIASI SUPPLY CHAIN INTEGRATION TERHADAP HUBUNGAN INNOVATION ORIENTED DENGAN FIRM PERFORMANCE PADA UMKM KOTA BANDUNG

  • Balqis Zulfa Azizah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom
  • Erni Martini Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom
  • Sri Widiyanesti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom

Abstrak

UMKM memiliki peranan yang penting dan strategis dalam pembangunan ekonomi Indonesia. Selama ini UMKM telah memberikan kontribusi pada Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 57-60% dan tingkat penyerapan tenaga kerja sekitar 97% dari seluruh tenaga kerja nasional.  UMKM lebih cepat menyesuaikan produknya dengan keinginan serta kebutuhan pelanggan. Innovasi dan kreativitas dari para pelaku UMKM membuat persaingan semakin tinggi. Innovasi produk dapat meningkatkan performansi dari perusahaan, perusahaan akan memiliki daya saing dengan para pesaingnya. Untuk dapat meningkatkan hubungan innovasi dan performansi perusahaan, dibutuhkan suatu strategi. Peningkatan innovasi dilakukan agar perusahaan mampu memenuhi keinginan dari pelanggannya. Oleh karena itu dipergunakan strategy customer integration untuk dapat meningkatkan hubungan innovasi dengan performansi perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan aplikasi SmartPLS 2. Hasil analisis menunjukkan bahwa Innovation Orientation memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Firm Performance.

Diterbitkan
2019-11-05
Bagian
Articles