PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN BRAND KNOWLEDGE TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA PENGGUNA SIMPATI 4G LTE CABANG PURWAKARTA

  • Indra Maulana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi. Dr.Khez. Muttaqien Purwakarta
  • Ahmad Kurnaepi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi. Dr.Khez. Muttaqien Purwakarta

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh experiential marketing, dan brand knowledge terhadap purchase intention pada Telkomsel 4G LTE Cabang Purwakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Telkomsel yang ada di Kab. Purwakarta. Sample penelitian sebanyak 96 sample diambil dengan menggunakan nonprobability sampling serta perhitungan jumlah sample menggunakan rumus lemeshow, Sementara itu pengumpulan dilakukan dengan wawancara, kuesioner dan penelitian kepustakaan. Analisis regresi digunakan dalam penelitian ini untuk menganalisis data secara statistic dengan menggunakan software SPSS 22. Minat beli atau upgrading konsumen Telkomsel 4GLTE dipengaruhi oleh kedua variabel bebas yakni experiential marketing dan brand knowledge. Dari variabel X1 (ekperiential marketing) terdapat indikator pembagian kuota data yang menjadi penyebab konsumen melakukan purchase intention, serta dari variabel (X2) brand knowledge terdapat indikator konsumen cendrung mengetahui bahwa Telkomsel merupakan merek yang menguasai pangsa pasar sehingga ini yang menyebabkan terjadinya pengaruh secara signifikan antara variabel penelitian X1 dan X2 terhadap variabel Y. Sedangkan tingkat pengaruh secara proporsional yang disebabkan oleh variabel lain diluar kedua variabel tersebut dikatakan sangat lemah, hal ini menunjukan bahwa ada variabel atau faktor lainnya yang tidak dibahas dalam penelitian ini yang juga memiliki pengaruh terhadap purchase intention pada konsumen Telkomsel 4G LTE cabang Purwakarta

Diterbitkan
2019-11-05
Bagian
Articles