PENGARUH ORIENTASI KONSUMEN TERHADAP KEPERCAYAAN MEREK MOBIL JEPANG (MAZDA) DI BANDUNG

  • Rosita Septiani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ibnu Sina Batam

Abstrak

Merek yang kuat ditandai dengan dikenalnya suatu merek dalam masyarakat, kepercayaan merek yang tinggi pada suatu produk, persepsi positif dari pasar dan konsumen terhadap merek. Pelanggan selalu memiliki kecenderungan alasan untuk memilih dan menentukan produk yang akan dibeli. Mobil menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern saat ini, banyak produsen mobil berlomba-lomba memproduksi berbagai jenis mobil dan membidik kelas sosial tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang analisis konsumen terhadap kepercayaan merek masyarakat Indonesia di Kota Bandung terhadap mobil Mazda. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner sebanyak 200 responden yang merupakan pengguna mobil merek Mazda. Penyebaran kuesioner dilakukan dengan on line dan penelitian lapangan. dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada konsumen Mazda di Kota Bandung. Model penelitian diuji dengan Structural Equation Modelling (SEM) digunakan untuk menganalisis dan menguji hipotesis penelitian ini menggunakan bantuan software AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh konsumen terhadap kepercayaan merek berpengaruh signifikan positif terhadap merek Mazda sehingga perusahaan mampu bersaing dan menguasai pasar automotif di Indonesia.

Diterbitkan
2019-11-05
Bagian
Articles