APLIKASI IDENTIFIKASI TINGKAT KECANDUAN GADGET ADA ANAK USIA DINI

  • Susilawati . Fakultas Teknologi dan Informatika, Universitas Mathla’ul Anwar Banten
  • Ayu Mira Yunita Fakultas Teknologi dan Informatika, Universitas Mathla’ul Anwar Banten

Abstrak

Benda seperti smartphone, tablet (komputer) dan Mp3 biasa disebut gadget merupakan bentuk teknologi  yang popular saat ini, bentuknya yang menarik dan ukurannya yang kecil sehingga mudah dibawa kemana-mana (mobile) merupakan hal yang menarik bagi siapapun. Pengaruh gadget selain berdampak positif tetapi juga meninggalkan sejumlah dampak negatif terutama bagi anak usia dini yakni dapat menghambat perkembangan motorik anak, menghambat perkembangan bahasa dan sosial anak, menimbulkan masalah perilaku, serta menimbulkan masalah kesehatan fisik. Pada penelitian ini akan dikembangkan perangkat lunak sistem pakar yang sangat cocok diterapkan untuk mengetahui tingkat kecanduan Gadget pada anak usia dini. Perangkat lunak ini akan dikelola oleh Klinik Psikologi Balita Nuha untuk membantu mengatasi keterbatasan waktu orang tua agar tetap bisa berkonsultasi walaupun tidak bisa langsung bertatap muka dengan pakar /psikolog. Metode Certainty Factor digunakan dalam proses penentuan seberapa besar tingkat kecanduan gadget yang sedang dialami ketika pengguna memasukan gejala-gejala yang dialami anak balita saat berkonsultasi melalui antar muka. Tingkat kecanduan akan dibagi menjadi tiga tingkatan kecanduan, yaitu akut, kronis dan biasa saja. Sistem pakar yang dikembangkan diharapkan memberi kontribusi positif bagi para orang tua yang ingin mengetahui seberapa tinggi kecanduan Gadget yang dialami Anak usia dini dan cara penangannya tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.

Diterbitkan
2019-11-05
Bagian
Articles