Pengembangan E-Business pada Industri Rumahan Briket Arang Batok Kelapa di Bantul: Pendekatan SWOT, PIECES, dan PESTEL

  • Putri Taqwa Prasetyaningrum Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Yogyakarta
  • Affandi Putra Pradana Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Yogyakarta
  • Bagus Nur Solayman Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Yogyakarta
  • Viony Julianti Sipayung Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Yogyakarta

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia, khususnya di sektor briket arang batok kelapa, memiliki peran strategis dalam mendukung perekonomian nasional. Namun, UMKM ini menghadapi berbagai tantangan, seperti kapasitas produksi yang terbatas, pemasaran konvensional, dan pengelolaan stok manual, yang menghambat daya saing mereka. Penelitian ini bertujuan untuk merancang konsep E-Business berbasis web dengan pendekatan analisis SWOT, PIECES, dan PESTEL untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang memengaruhi pengembangan UMKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi E-Business mampu mengoptimalkan operasional UMKM, memperluas jangkauan pasar hingga tingkat internasional, dan meningkatkan daya saing produk ramah lingkungan. Website yang dikembangkan mencakup fitur manajemen produk, transaksi online, analitik bisnis, dan integrasi pembayaran digital. Solusi ini berkontribusi pada efisiensi operasional dan peningkatan akses pasar, memungkinkan UMKM untuk beradaptasi di era digital dan bersaing secara global.

References

Albalkhi, A. N., & Komalasari, R. (2024). Sistem Informasi Penjualan (E-Commerce) UMKM DANISA Collection. SisInfo, 6(1).

Dewi, I. S. (2020). PERANCANGAN E-BUSSINES PADA USAHATANI RAKYAT BERWAWASAN KERAJINAN LIMBAH AKAR WANGI (Vetiveria zizanioides (L.) Nash) GARUT JAWA BARAT. Jurnal Sistem Informasi Dan Bisnis Cerdas, 13(1). https://doi.org/10.33005/sibc.v13i1.1721

Dr. Khusna Widhyahrini, S. Pd. , M. Si. (2020). PENGEMBANGAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA SEDERHANA UNTUK PEMBUATAN BRIKET KOMPOSIT DARI LIMBAH ORGANIK (S. Si. , M. Si. Dr. Peni Susapti, Ed.). Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Salatiga.

Esthiningtyas, G., & Prasetyaningrum, P. T. (2020). Penerapan Algoritma C4. 5 Untuk Menentukan Persediaan Obat (Studi Kasus Di RS Bethesda Yogyakarta). Journal Of Information System And Artificial Intelligence, 1(1), 25–33.

Fauzan, N., Manurung, S. K., Saputra, F. P., & Prasetyaningrum, P. T. (2024). Analisis dan Perancangan Website E-Business Undangan Pernikahan Digital. Journal Of Information System And Artificial Intelligence, 5(1), 238–247.

Lewoema, S. L. Z., Larasaty, R., & Prasetyaningrum, P. T. (2024). Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Website Pada Satu Potret Fotografi. Journal Of Information System And Artificial Intelligence, 4(2), 137–143.

Lewoema, S. L. Z., Prayuda, A., Riski, M. A., & Prasetyaningrum, T. (2023). PERANCANGAN WEBSITE E-BUSINESS DENGAN METODE ANALISIS SWOT DAN PEST DI KEDAI S’AJIAN NDESO. In Journal of Computer Science and Technology JCS-TECH (Vol. 3, Issue 1).

Mukti, A., Yuliyanto, P., & Prasetyaningrum, P. T. (2023). Perancangan E-Business pada UMKM DJADIBATIK. Journal of Computer Science and Technology (JCS-TECH), 3(1), 9–16.

Peppard, J., & Ward, J. (2004). Beyond strategic information systems: towards an IS capability. The Journal of Strategic Information Systems, 13(2), 167–194.

Prasetyaningrum, P. T., Wicaksono, A. R., & Nurrofiq, H. (2023). Transformasi Pelayanan Pelanggan: Implementasi E-Crm Pada Bisnis Teh Nusantara Berbasis Website. Technologia: Jurnal Ilmiah, 14(4), 368–376.

Puja, P. W. N., Sya’bani, K. S. S., & Prasetyaningrum, P. T. (2023). Sistem E-Pelayanan Pengajuan Surat dan Pengaduan Masyarakat pada Kelurahan Caturtunggal. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 190–196.

Rosyada, M., & Wigiawati, A. (2020). Strategi survival UMKM Batik Tulis Pekalongan di tengah pandemi COVID-19 (studi kasus pada “Batik Pesisir” Pekalongan). Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(2).

Taqwa, P., Jean, D., Sihombing, C., Bata, J., Informasi, S., Mercubuana, U., Informatika, M. T., Atma, U., Yogyakarta, J., Pariwisata, S. B., & Utara, P. S. (2015). Model Social CRM Sebagai Strategi Bisnis Pariwisata Provinsi Sumatera Utara. Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF), 2015(November), 245–251.

Ubaidillah, M. (2020). Menjaga keberlangsungan UMKM pada masa wabah Covid-19. Inventory : Jurnal Akuntansi, 4(1), 14–21.

Published
2025-02-27
How to Cite
Prasetyaningrum, P. T., Pradana, A. P., Solayman, B. N., & Sipayung, V. J. (2025). Pengembangan E-Business pada Industri Rumahan Briket Arang Batok Kelapa di Bantul: Pendekatan SWOT, PIECES, dan PESTEL. SisInfo, 7(1), 23-39. https://doi.org/10.37278/sisinfo.v7i1.1067
Section
Articles