Implementasi Augmented Reality untuk Pengenalan Hewan Berbasis Android bagi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

  • Arfita Asryani Tobo Teknologi Informasi, Universitas Timor
  • Darsono Nababan Teknologi Informasi, Universitas Timor
  • Risald Risald Teknologi Informasi, Universitas Timor
Keywords: Android, Augmented Reality, Pengenalan Hewan

Abstract

Saat ini untuk mempelajari berbagai jenis hewan pada pendidikan anak usia dini hanya dapat dipelajari dalam bentuk buku-buku atau flash card. Sehingga media-media tersebut masih belum memiliki ketertarikan sendiri ataupun menarik minat dari anak-anak untuk mengenali berbagai jenis hewan. Berdasarkan jenis makanan hewan di bagi kedalam tiga kategori yaitu herbivora, karnivora, dan omnivora. Pada penelitian ini dibangun sebuah aplikasi augmented reality pengenalan hewan berbasis Android dengan tujuan menghasilkan augmented reality yang dapat menarik minat belajar bagi pendidikan anak usia dini. Aplikasi AR Hewan ini menggunakan teknologi marker based augmented reality yang memanfaatkan marker sebagai penanda yang akan dideteksi oleh kamera smartphone untuk menampilkan objek hewan 3D secara virtual. Berdasarkan pada hasil pengujian, aplikasi AR Hewan dapat mendeteksi marker dengan jarak 10 cm sampai 50 cm, pada sudut kemiringan 300 sampai 900 dan objek 3D masih dapat terdeteksi dalam keadaan marker terhalang benda lain hingga 70%.

Published
2023-08-18
How to Cite
Tobo, A., Nababan, D., & Risald, R. (2023). Implementasi Augmented Reality untuk Pengenalan Hewan Berbasis Android bagi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). SisInfo : Jurnal Sistem Informasi Dan Informatika, 5(2), 14-23. https://doi.org/10.37278/sisinfo.v5i2.646
Section
Articles