Analisis Deskriptif Kualitas Pelayanan Bimbingan Belajar Ganesha Operation Tahun Ajar 2020
DOI:
https://doi.org/10.37278/eprofit.v2i01.507Keywords:
Analisis Deskriptif, Kualitas Jasa, Bimbingan Belajar G.OAbstract
Pengamatan pendahuluan menunjukkan bahwa kepuasan peserta didik Bimbel GO masih belum optimal. Dugaan penyebab hal tersebut adalah kualitas pelayanan Penelitian ini merupakan penelitian sampel, dengan jumlah obyek dalam populasi sebanyak 598 akan dilihat gambaran deskriptif kualitas pelayanan pada bimbingan belajar Ganesha Operation. Berdasarkan dari hasil pengolahan data yang dilakukan, selanjutnya dapat diperoleh gambaran mengenai variabel Kualitas Pelayanan (X2) yaitu dengan skor rata-rata 3,36. Skor rata-rata tersebut sesuai dengan kriteria penafsiran yang termasuk dalam kategori cukup baik. Hal ini menunjukkan bahwa responden memberikan penilaian yang cukup baik terhadap variabel Kualitas Pelayanan Bimbel GO. Dari pilihan responden tersebut menunjukkan bahwa Bimbel GO merupakan Lembaga Bimbingan Belajar yang telah mendapat kepercayaan masyarakat dalam hal kualitas pelayanan yang diberikannya, dimana Bimbel GO ini memberikan jaminan nilai raport yang bagus, apalagi ditambah dengan pemebrian jaminan lulus SNMPTN dan SBMPTN bagi yang mengambil program “The Winning Teamâ€. Namun demikian dimensi jaminan bukanlah satu satunya penyebab para peserta didik memilih Bimbel GO, karena dimensi bukti nyata juga memliki skor yang baik. Ini berarti faktor jaminan dan bukti nyata merupakan dua hal yang sangat memegang peranan penting. Tak kalah pentingnya adalah dimensi dipercaya juga menjadi faktor yang cukup menentukan, meskipun nilainya tidak terlalu tinggi. Oleh karena itu, selain dimensi jaminan, maka dimensi bukti nyata dan dimensi dipercaya menjadi perhatian utama, minimal untuk tetap dipertahankan dan tentunya akan lebih baik lagi untuk selalu ditingkatkan setiap saat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish articles in Economics Professional in Action (E-Profit) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).