Analisis Deskriptif Kualitas Pelayanan Bimbingan Belajar Ganesha Operation Tahun Ajar 2020

Authors

  • Susan Purnama Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37278/eprofit.v2i01.507

Keywords:

Analisis Deskriptif, Kualitas Jasa, Bimbingan Belajar G.O

Abstract

Pengamatan pendahuluan menunjukkan bahwa kepuasan peserta didik Bimbel GO masih belum optimal. Dugaan penyebab hal tersebut adalah kualitas pelayanan Penelitian ini merupakan penelitian sampel, dengan jumlah obyek dalam populasi sebanyak 598 akan dilihat gambaran deskriptif kualitas pelayanan pada bimbingan belajar Ganesha Operation. Berdasarkan dari hasil pengolahan data yang dilakukan, selanjutnya dapat diperoleh gambaran mengenai variabel Kualitas Pelayanan (X2) yaitu dengan skor rata-rata 3,36. Skor rata-rata tersebut sesuai dengan kriteria penafsiran yang termasuk dalam kategori cukup baik. Hal ini menunjukkan bahwa responden memberikan penilaian yang cukup baik terhadap variabel Kualitas Pelayanan Bimbel GO. Dari pilihan responden tersebut menunjukkan bahwa Bimbel GO merupakan Lembaga Bimbingan Belajar yang telah mendapat kepercayaan masyarakat dalam hal kualitas pelayanan yang diberikannya, dimana Bimbel GO ini memberikan jaminan nilai raport yang bagus, apalagi ditambah dengan pemebrian jaminan lulus SNMPTN dan SBMPTN bagi yang mengambil program “The Winning Teamâ€. Namun demikian dimensi jaminan bukanlah satu satunya penyebab para peserta didik memilih Bimbel GO, karena dimensi bukti nyata juga memliki skor yang baik. Ini berarti faktor jaminan dan bukti nyata merupakan dua hal yang sangat memegang peranan penting. Tak kalah pentingnya adalah dimensi dipercaya juga menjadi faktor yang cukup menentukan, meskipun nilainya tidak terlalu tinggi. Oleh karena itu, selain dimensi jaminan, maka dimensi bukti nyata dan dimensi dipercaya menjadi perhatian utama, minimal untuk tetap dipertahankan dan tentunya akan lebih baik lagi untuk selalu ditingkatkan setiap saat.

Downloads

Published

2022-08-02

How to Cite

Purnama, S. (2022). Analisis Deskriptif Kualitas Pelayanan Bimbingan Belajar Ganesha Operation Tahun Ajar 2020. Economics Professional in Action (E-Profit), 2(01), 54–58. https://doi.org/10.37278/eprofit.v2i01.507