PENGARUH KEBUDAYAAN POPULER TERHADAP VISUAL SAMPUL ALBUM MUSIK

  • Citra Kemala Putri Fakultas Komunikasi dan Desain, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
Kata Kunci: postmodernisme, budaya populer, pop art, lowbrow art, musik populer

Abstrak

Budaya massa dan budaya populer merupakan salah satu fenomena penting yang menandai lahirnya era postmodern. Dalam masyarakat yang hidup di tengah budaya massa dan budaya populer akan tumbuh masyarakat konsumen yang melahirkan simbol-simbol dan aktivitas kebudayaan baru. Wacana ini kemudian mempengaruhi berbagai bidang kehidupan contohnya lahirnya musik populer dan gerakan seni rupa populer yang dengan segera menjadi komoditas yang dikonsumsi oleh banyak orang terutama kaum anak muda pada saat itu. Penelitian ini mengangkat pengaruh kebudayaan populer terhadap visual sampul album musik yang mengambil contoh studi pada beberapa sampul album musisi internasional dari beberapa periode waktu yang berbeda untuk membandingkan sejauh mana pergeseran atau benang merah dari perkembangan berbagai aliran seni dalam merespon kebudayaan populer yang senantiasa berubah mengikuti trend terbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif Berbagai analisis dilakukan dengan mempertimbangkan idiom-idiom estetika postmodernisme, antara lain Pastiche, Parodi, Kitsch, Camp dan Skizofrenia, serta konsep-konsep aliran seni rupa, khususnya Pop Art dan Lowbrow Art. Hasil akhir penelitian ini mengungkapkan bahwa pada beberapa album musik yang menggunakan gaya Pop Art dan Lowbrow Art tersebut terkandung idiom-idiom estetika postmodernisme. Masing-masing sampul album musik tersebut dapat mengandung satu atau beberapa idiom estetika secara bersamaan.

Diterbitkan
2020-05-01
Bagian
Articles