Komunikasi Kreatif Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dalam Mendorong Keterbukaan Informasi Menuju Desa Mendunia

Authors

  • Eriyanti Nurmala Dewi Fakultas Ilmu Komunikasi dan Desain, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37278/artcomm.v7i2.991

Keywords:

Creative Communication, Preparation, incubator, illumination and verification, smart KIM Tarumajaya Village, Information Openness, Global Village

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang komunikasi kreatif yang dilakukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Cerdas Tarumajaya dalam mendorong keterbukaan informasi di Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung menuju desa yang mendunia. Penelitian dilakukan untuk mengetahui bagaimana komunikasi kreatif dari Graham Wallace (1926) yang meliputi preparation, incubator, illumination, dan verification digunakan KIM Cerdas Tarumajaya sebagai representasi organisasi masyarakat dengan masyarakat Desa Tarumajaya maupun dengan aparat DesaTarumajaya. KIM merupakan akronim dari Kelompok Informasi Masyarakat yang dibentuk oleh masyarakat, dari masyarakat, untuk masyarakat yang secara mandiri dan kreatif mengelola informasi dan pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan nilai tambah daerahnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan, proses kreatif KIM Cerdas Tarumajaya dilakukan melalui empat tahap, yaitu preparation, incubator, illumination, dan verification. Hasilnya dikomunikasikan dengan mengacu pada prinsip dari desa, oleh desa, untuk desa dengan menggunakan platform digital seperti website, podcast, youtube, instagram, dan facebook yang menembus batas ruang dan waktu menuju desa mendunia.

References

Arnita. (2024). KIM Cerdas Tarumajaya Raih Penghargaan Pada Jambore Perangkat Desa Se-Kabupaten Bandung. 7detik.Com. https://www.7detik.com/2024/09/kim-cerdas-tarumajaya-raih-penghargaan.html

Facebook Kim Cerdas Tarumajaya. (2019). Sosial Media Facebook Kim Cerdas Tarumajaya. Facebook Kim Cerdas Tarumajaya. https://www.facebook.com/kimcerdastarumajaya

Instagram Kim Cerdas Tarumajaya. (2022). Foto di Instagram Kimcerdastarumajaya. Instagram Kimcerdastarumajaya. https://www.instagram.com/p/Ccnfcv4Fyp9/?igsh=MTBwd203N29hbnY3bw==

Instagram Kim Cerdas Tarumajaya. (2024). Foto di Instagram Kimcerdastarumajaya. Instagram Kimcerdastarumajaya. https://www.instagram.com/reel/C_9kzJQBNzL/?igsh=bDh6ZG9kcHBzdDBt

Kang Admin. (2024). KIM Cerdas Tarumajaya Peroleh Penghargaan dari Bupati Bandung. Kabandung.Id. https://kabandung.id/2024/09/kim-cerdas-tarumajaya-peroleh-penghargaan-dari-bupati-bandung.html

Lasswell, H. D. (2009). The Structure and Function of Communication in Society. University of Illionois Press.

Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualtitatif. Rosda Karya.

Mulyana, D. (2007). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D. (2017). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Remaja Rosda Karya.

Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta.

Peraturan Menteri Komunikasi Dan Informatika Nomor 17/PER/M.KOMINFO/3/2009 Tahun 2009 Tentang Diseminasi Informasi Nasional Oleh Pemerintah, Pemerintah Daerah Provinsi Dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota (2009).

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 38 Tahun 2007 Tentang Pembagian Urusan Pemerintahan Antara Pemerintah Pemerintahan Daerah Provinsi Dan Pemerintahan Daerah Kabupaten Kota. Lembar Negara Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 82 (2007).

Semiawan, C. R. (2009). Kreativitas Keberbakatan: Mengapa, Apa, dan Bagaimana. Indeks.

Sikula, A. E. (2017). Komunikasi Bisnis. Erlangga.

Sorrentino, M. (2014). Creative Advertising: An Introduction. Laurence King.

Wallas, G. (2014). The Art of Thought. Solis Press.

Website Kim Cerdas Tarumajaya. (2023). Live Podcast Perkembangan UMKM Desa Tarumajaya. Kimcerdastarumaja.Net. https://www.kimcerdastarumaja.net/podcast

Website Kim Cerdas Tarumajaya. (2024). Diskominfokaltim Bercerita Dihalaman Web dan Instagram Resminya, Terkait Kegiatan Study Tiru di Desa Tarumajaya tentang KIM. Kimcerdastarumaja.Net. https://www.kimcerdastarumaja.net/

Yin, R. K. (2014). Studi Kasus, Desain & Metode. Rajawali Pers.

Youtube Kim Cerdas Tarumajaya. (2024). Studi Tiru Diskominfo Provinsi Kalimantan Timur ke Kim Cerdas Tarumajaya Kabupaten Bandung. Youtube Kim Cerdas Tarumajaya. https://youtu.be/zyKczokRgyg?si=EULM_guQnUCQwcpl

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Dewi, E. N. (2024). Komunikasi Kreatif Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dalam Mendorong Keterbukaan Informasi Menuju Desa Mendunia. ArtComm : Jurnal Komunikasi Dan Desain, 7(2), 234–246. https://doi.org/10.37278/artcomm.v7i2.991

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)