Komunikasi Kreatif Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dalam Mendorong Keterbukaan Informasi Menuju Desa Mendunia
DOI:
https://doi.org/10.37278/artcomm.v7i2.991Keywords:
Creative Communication, Preparation, incubator, illumination and verification, smart KIM Tarumajaya Village, Information Openness, Global VillageAbstract
Penelitian ini mengkaji tentang komunikasi kreatif yang dilakukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Cerdas Tarumajaya dalam mendorong keterbukaan informasi di Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung menuju desa yang mendunia. Penelitian dilakukan untuk mengetahui bagaimana komunikasi kreatif dari Graham Wallace (1926) yang meliputi preparation, incubator, illumination, dan verification digunakan KIM Cerdas Tarumajaya sebagai representasi organisasi masyarakat dengan masyarakat Desa Tarumajaya maupun dengan aparat DesaTarumajaya. KIM merupakan akronim dari Kelompok Informasi Masyarakat yang dibentuk oleh masyarakat, dari masyarakat, untuk masyarakat yang secara mandiri dan kreatif mengelola informasi dan pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan nilai tambah daerahnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan, proses kreatif KIM Cerdas Tarumajaya dilakukan melalui empat tahap, yaitu preparation, incubator, illumination, dan verification. Hasilnya dikomunikasikan dengan mengacu pada prinsip dari desa, oleh desa, untuk desa dengan menggunakan platform digital seperti website, podcast, youtube, instagram, dan facebook yang menembus batas ruang dan waktu menuju desa mendunia.
References
Arnita. (2024). KIM Cerdas Tarumajaya Raih Penghargaan Pada Jambore Perangkat Desa Se-Kabupaten Bandung. 7detik.Com. https://www.7detik.com/2024/09/kim-cerdas-tarumajaya-raih-penghargaan.html
Facebook Kim Cerdas Tarumajaya. (2019). Sosial Media Facebook Kim Cerdas Tarumajaya. Facebook Kim Cerdas Tarumajaya. https://www.facebook.com/kimcerdastarumajaya
Instagram Kim Cerdas Tarumajaya. (2022). Foto di Instagram Kimcerdastarumajaya. Instagram Kimcerdastarumajaya. https://www.instagram.com/p/Ccnfcv4Fyp9/?igsh=MTBwd203N29hbnY3bw==
Instagram Kim Cerdas Tarumajaya. (2024). Foto di Instagram Kimcerdastarumajaya. Instagram Kimcerdastarumajaya. https://www.instagram.com/reel/C_9kzJQBNzL/?igsh=bDh6ZG9kcHBzdDBt
Kang Admin. (2024). KIM Cerdas Tarumajaya Peroleh Penghargaan dari Bupati Bandung. Kabandung.Id. https://kabandung.id/2024/09/kim-cerdas-tarumajaya-peroleh-penghargaan-dari-bupati-bandung.html
Lasswell, H. D. (2009). The Structure and Function of Communication in Society. University of Illionois Press.
Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualtitatif. Rosda Karya.
Mulyana, D. (2007). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Remaja Rosdakarya.
Mulyana, D. (2017). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Remaja Rosda Karya.
Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta.
Peraturan Menteri Komunikasi Dan Informatika Nomor 17/PER/M.KOMINFO/3/2009 Tahun 2009 Tentang Diseminasi Informasi Nasional Oleh Pemerintah, Pemerintah Daerah Provinsi Dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota (2009).
Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 38 Tahun 2007 Tentang Pembagian Urusan Pemerintahan Antara Pemerintah Pemerintahan Daerah Provinsi Dan Pemerintahan Daerah Kabupaten Kota. Lembar Negara Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 82 (2007).
Semiawan, C. R. (2009). Kreativitas Keberbakatan: Mengapa, Apa, dan Bagaimana. Indeks.
Sikula, A. E. (2017). Komunikasi Bisnis. Erlangga.
Sorrentino, M. (2014). Creative Advertising: An Introduction. Laurence King.
Wallas, G. (2014). The Art of Thought. Solis Press.
Website Kim Cerdas Tarumajaya. (2023). Live Podcast Perkembangan UMKM Desa Tarumajaya. Kimcerdastarumaja.Net. https://www.kimcerdastarumaja.net/podcast
Website Kim Cerdas Tarumajaya. (2024). Diskominfokaltim Bercerita Dihalaman Web dan Instagram Resminya, Terkait Kegiatan Study Tiru di Desa Tarumajaya tentang KIM. Kimcerdastarumaja.Net. https://www.kimcerdastarumaja.net/
Yin, R. K. (2014). Studi Kasus, Desain & Metode. Rajawali Pers.
Youtube Kim Cerdas Tarumajaya. (2024). Studi Tiru Diskominfo Provinsi Kalimantan Timur ke Kim Cerdas Tarumajaya Kabupaten Bandung. Youtube Kim Cerdas Tarumajaya. https://youtu.be/zyKczokRgyg?si=EULM_guQnUCQwcpl
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Eriyanti Nurmala Dewi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish articles in ArtComm : Jurnal Komunikasi dan Desain agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution-ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
