Open Debate Constructive Campaign Format in the 2018 West Java Regional Election
DOI:
https://doi.org/10.37278/artcomm.v1i2.112Keywords:
kampanye, debatAbstract
Pilkada Jabar 2018 menyisakan waktu kurang dari satu semester kedepan. Pesta demokrasi untuk
memilih para elit nomor satu daerah (Gubernur dan Bupati/Walikota) se Jawa Barat periode 2018 –
2023 ini, akan berlangsung pada sekitar pertenganhan 2018 mendatang. Mengingat nilai strategis
dan pentingnya ajang politik ini bagi masa depan Jawa Barat sendiri, dibutuhkan sebuah format
yang konstruktif dalam kampanye para calon, khususnya melalui kampanye debat terbuka. Calon
mana yang terpilih nantinyalah yang akan membawa Jawa Barat menjemput masa depan lima
tahunanya. Makalah ini bertujuan untuk menemukan, dan mengetahui berbagai data atau informasi
mengenai format konstruktif kampanye debat terbuka pada Pilkada Jabar 2018, sehingga
ditemukan dan diperoleh gambaran mengenai format konstruktif itu sendiri secara jelas.
Adapun dalam bagian pembahasan diperoleh hasil yang dapat dijelaskan yakni: Pertama,
Isi/Substansi pokok dalam kampanye debat terbuka pada Pilkada 2018 nanti, selayaknya berkisar
tentang hal dan urusan pokok yang membumi dan sesuai jatidiri dan karakteristik Jawa Barat.
Kedua, Periodisasi pelasanaan kampanye debat terbuka ini, secara garis besar berisikan tiga (3)
tahap, yaitu tahap I, II, dan III. Tahapan ini untuk mengukur keterkaitan kuat antara profil, prestasi,
kompetensi, dan wawasan para calon dengan jatidiri kedaerahan serta loyalitas ke Jawa Baratan
mereka; kesinambungannya dengan perencanaan program dan kebijakan yang dirancang para
calon; dan menguji kemampuan para calon dalam membawa nilai potitioning dan harkat Jawa
Barat di tingkat nasional bahkan internasional. Ketiga, Kemasan dan setting, kampanye debat
terbuka Pilkada Jabar 2018 sebaiknya diukur dengan batasan-batasan nilai sopan-santun
masyarakat, nilai etis kedaerahan serta kearifan local yang senantiasa diwariskan secara turuntemurun
di
tengah
masyarakat
pasundan
yang
religius.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish articles in ArtComm : Jurnal Komunikasi dan Desain agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution-ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).