PERANCANGAN VIDEOGRAFI SEBAGAI MEDIA PROMOSI BATIK KHAS SUBANG YANG DIPRODUKSI OLEH BATIK GANASAN

  • Ogi Sugianto Desain Komunikasi Visual, Fakultas Komunikasi dan Desain, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Nichi Hana Karlina Desain Komunikasi Visual, Fakultas Komunikasi dan Desain, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Sophia Purbasari Desain Komunikasi Visual, Fakultas Komunikasi dan Desain, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
Kata Kunci: Motif Batik, Batik khas Subang, Batik Ganasan, Videografi.

Abstrak

Sejak batik dikukuhkan oleh UNESCO (United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization) sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non-Bendawi sejak oktober 2009, perkembangan batik di Indonesia berkembang secara pesat, banyak daerah di Indonesia yang memiliki dan mengembangkan batiknya sesuai identitas kedaerahan, termasuk di Kabupaten Subang yang sudah berkembang dan telah muncul beragam industri Batik khas Subang. Salah satu industri Batik khas Subang yang terkenal adalah Ganasan Batik. Di Ganasan Batik, dibuat kain batik dengan motif yang beragam dan menggambarkan kekayaan alam dan tradisi di Kabupaten Subang, seperti motif nanas, sisingaan dan bejana purba. Laporan perancangan Tugas Akhir mengenai Batik khas Subang ini memiliki rumusan masalah, bagaimana media promosi yang efektif dan efisien untuk mempromosikan Batik khas Subang yang diproduksi Batik Ganasan. Tujuan dari perancangan Tugas Akhir ini adalah untuk mempromosikan batik khas Subang melalui media videografi dan target dari perancangan media promosi ini adalah usia dewasa awal yang aktif menggunakan media sosial.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data primer yang berupa wawancara, observasi dan studi pustaka, dan data sekunder dengan menggunakan kuesioner sebagai media pengumpulan data.  Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa, industri Batik Ganasan telah melakukan upaya mempromosikan batik khas Subang degan cara direct selling, yaitu promosi secara langsung via media online berupa Whatsapp. Namun upaya tersebut belum efektif untuk mempromosikan batik khas Subang, terutama secara cakupan target promosi.

Diterbitkan
2019-12-03
Bagian
Articles