Perancangan Video Promosi Sekolah Rimba Indonesia (SRI) untuk Orang Tua yang Memiliki Anak Usia 6-7 Tahun di Kota Bandung

Authors

  • Meti Agni Rizkiani Fakultas Ilmu Komunikasi dan Desain, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Iqbal Ridwanto Putra Fakultas Ilmu Komunikasi dan Desain, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Sophia Purbasari Fakultas Ilmu Komunikasi dan Desain, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37278/artcomm.v7i2.984

Keywords:

design, promotional video, Indonesian rimba school

Abstract

Penelitian ini merancang video promosi Sekolah Rimba Indonesia untuk orang tua anak usia 6-7 tahun di Kota Bandung. Sekolah Rimba, yang didirikan pada tahun 2021, berfokus pada pendidikan nonformal yang mengembangkan minat, bakat, dan keterampilan hidup siswa melalui interaksi dengan alam. Video promosi dipilih sebagai media utama karena lebih efektif dalam menyampaikan informasi dibandingkan teks. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan observasi, wawancara, dan studi literatur untuk menggali informasi mendalam tentang sekolah ini. Video promosi dan media tambahan, seperti trailer dan desain feed Instagram, dirancang untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang Sekolah Rimba. Kampanye ini bertujuan menarik minat orang tua untuk mendaftarkan anak mereka serta mendukung Sekolah Rimba sebagai pusat pendidikan inovatif di Indonesia.

References

Bodnar, G. H., & Hopwood, W. S. (2006). Sistem informasi akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Budiman, B. (2020). PERANCANGAN APLIKASI SISTEM TINDAK LANJUT PELANGGAN PADA PT. XYZ. SisInfo–Jurnal Sistem Informasi dan Informatika, 2(1), 1-7.

Arsyad, A. (2010). Media pembelajaran. Azhar Arsyad. In Ed (Vol. 1).

Laras. (2021). No Title. Berkeluarga.Id. https://berkeluarga.id/2021/11/26/7-manfaat-bermain-di-alam-bagi-psikologis-anak/

Mathory, E. Ak. S., & Syahna. (2022). Dampak Video Promosi Objek Wisata Pada Peningkatan Pengunjung Dewi Sri Waterpark. Journal of Business Administration Economic & Entrepreneurship, 4(2).

Mutaqin, W. (2021). Fenomena Pendidikan di Indonesia. Kumparan.Id. https://kumparan.com/wildanmutaqinart21/fenomena-pendidikan-di-indonesia-1vJ7osyZQbQ

Nisa, R., Hermawan, S., Sitika, A. J., & Syarief, H. C. (2021). Eksistensi Pendidikan Islam di Persimpangan Era Revolusi Industri 4.0. Al-Munawwarah : Jurnal Pendidikan Islam, 13(1).

Ramadhani, Y. (2017). Yang Meresahkan dari Sistem Sekolah Kita. Trito.Id. https://tirto.id/yang-meresahkan-dari-sistem-sekolah-kita-cnSE

Russell, R., Duchaine, B., & Nakayama, K. (2009). Super-recognizers: People with extraordinary face recognition ability. Psychonomic Bulletin and Review, 16(2). https://doi.org/10.3758/PBR.16.2.252

Sastropoetro, & R.A, S. (1991). Pendapat Publik, Pendapat Umum dan Khalayak Dallam Komunikasi Sosial. Remaja Rosdakarya.

Syifaun Nasifah. (2003). Komputer Grafik. Yogyakarta: Graha Ilmu, 1(1).

Thabroni, G. (2021). Pendidikan Nonformal: Pengertian, Contoh, Perbedaan, dsb. Serupa.Id. https://serupa.id/pendidikan-nonformal-pengertian-contoh-perbedaan-dsb/

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Rizkiani, M. A., Putra, I. R., & Purbasari, S. (2024). Perancangan Video Promosi Sekolah Rimba Indonesia (SRI) untuk Orang Tua yang Memiliki Anak Usia 6-7 Tahun di Kota Bandung. ArtComm : Jurnal Komunikasi Dan Desain, 7(2), 219–233. https://doi.org/10.37278/artcomm.v7i2.984

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>