Perancangan Video Promosi Sekolah Rimba Indonesia (SRI) untuk Orang Tua yang Memiliki Anak Usia 6-7 Tahun di Kota Bandung
DOI:
https://doi.org/10.37278/artcomm.v7i2.984Keywords:
design, promotional video, Indonesian rimba schoolAbstract
Penelitian ini merancang video promosi Sekolah Rimba Indonesia untuk orang tua anak usia 6-7 tahun di Kota Bandung. Sekolah Rimba, yang didirikan pada tahun 2021, berfokus pada pendidikan nonformal yang mengembangkan minat, bakat, dan keterampilan hidup siswa melalui interaksi dengan alam. Video promosi dipilih sebagai media utama karena lebih efektif dalam menyampaikan informasi dibandingkan teks. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan observasi, wawancara, dan studi literatur untuk menggali informasi mendalam tentang sekolah ini. Video promosi dan media tambahan, seperti trailer dan desain feed Instagram, dirancang untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang Sekolah Rimba. Kampanye ini bertujuan menarik minat orang tua untuk mendaftarkan anak mereka serta mendukung Sekolah Rimba sebagai pusat pendidikan inovatif di Indonesia.
References
Bodnar, G. H., & Hopwood, W. S. (2006). Sistem informasi akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.
Budiman, B. (2020). PERANCANGAN APLIKASI SISTEM TINDAK LANJUT PELANGGAN PADA PT. XYZ. SisInfo–Jurnal Sistem Informasi dan Informatika, 2(1), 1-7.
Arsyad, A. (2010). Media pembelajaran. Azhar Arsyad. In Ed (Vol. 1).
Laras. (2021). No Title. Berkeluarga.Id. https://berkeluarga.id/2021/11/26/7-manfaat-bermain-di-alam-bagi-psikologis-anak/
Mathory, E. Ak. S., & Syahna. (2022). Dampak Video Promosi Objek Wisata Pada Peningkatan Pengunjung Dewi Sri Waterpark. Journal of Business Administration Economic & Entrepreneurship, 4(2).
Mutaqin, W. (2021). Fenomena Pendidikan di Indonesia. Kumparan.Id. https://kumparan.com/wildanmutaqinart21/fenomena-pendidikan-di-indonesia-1vJ7osyZQbQ
Nisa, R., Hermawan, S., Sitika, A. J., & Syarief, H. C. (2021). Eksistensi Pendidikan Islam di Persimpangan Era Revolusi Industri 4.0. Al-Munawwarah : Jurnal Pendidikan Islam, 13(1).
Ramadhani, Y. (2017). Yang Meresahkan dari Sistem Sekolah Kita. Trito.Id. https://tirto.id/yang-meresahkan-dari-sistem-sekolah-kita-cnSE
Russell, R., Duchaine, B., & Nakayama, K. (2009). Super-recognizers: People with extraordinary face recognition ability. Psychonomic Bulletin and Review, 16(2). https://doi.org/10.3758/PBR.16.2.252
Sastropoetro, & R.A, S. (1991). Pendapat Publik, Pendapat Umum dan Khalayak Dallam Komunikasi Sosial. Remaja Rosdakarya.
Syifaun Nasifah. (2003). Komputer Grafik. Yogyakarta: Graha Ilmu, 1(1).
Thabroni, G. (2021). Pendidikan Nonformal: Pengertian, Contoh, Perbedaan, dsb. Serupa.Id. https://serupa.id/pendidikan-nonformal-pengertian-contoh-perbedaan-dsb/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Meti Agni Rizkiani, Iqbal Ridwanto Putra, Sophia Purbasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish articles in ArtComm : Jurnal Komunikasi dan Desain agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution-ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
