Perancangan Video Promosi Wana Wisata Batu Kuda Manglayang untuk Usia 17-25 Tahun di Kota Bandung
DOI:
https://doi.org/10.37278/artcomm.v7i1.828Keywords:
Promotional Video, Promotion Strategy, Batu Kuda Nature Tourism, Social Media Tourism SectorAbstract
Wana Wisata Batu Kuda Manglayang, hutan yang dikelola oleh Perum Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Bandung Utara, menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Namun, kunjungan wisatawan mengalami penurunan karena minimnya promosi dan dampak pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan merancang strategi promosi efektif untuk meningkatkan minat dan kesadaran wisatawan. Metode penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan kuesioner. Media utama yang dirancang adalah video promosi yang menampilkan keindahan alam, fasilitas, dan aktivitas di Wana Wisata Batu Kuda Manglayang, dengan sinematografi menarik. Media pendukung seperti poster, desain feed Instagram, dan stiker juga disiapkan. Diharapkan, strategi promosi ini dapat mengundang minat wisatawan, meningkatkan kesadaran akan keindahan Wana Wisata Batu Kuda Manglayang, serta memulihkan sektor pariwisata. Tujuannya adalah menjadikan Wana Wisata Batu Kuda Manglayang sebagai destinasi liburan utama di Kota Bandung, sambil memberikan kontribusi positif pada ekonomi dan ekologi kawasan tersebut melalui media sosial.
References
Ardianto, Kharisma Imam.(2021). Perancangan Promosi Wisata Batu Kuda Melalui Video Iklan.(Thesis,Universitas Komputer Indonesia).https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/5990/
Assauri, Sofian. (2012). Menajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Fadhli, Muhibuddin. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan. Jurnal UMPO. 3(1). 20-27.
Harahap, M. (2018). Tanggapan Pengunjung Terhadap Fasilitas Objek Wisata Rumah Serembou di Kabupaten Rokanhulu. Jurnal Organisasi dan Manajemen FISIP,5(1), 1-8.
Hadiwijoyo, Suryo.S. (2012). Perencanaan Pariwisata Pedesaan Berbasis Masyarakat (Sebuah Pendekatan Konsep). Yogyakarta: Graha Ilmu.
Ismayani,Diah.(2018).PerancanganVideo Iklan Promosi Profil Wisata Puncak Bila Riase’ Kabupaten Sidrap.Jurnal Imajinasi,2 (1),23-31.
Lestari,Fitri.(2019).Model Branding TujuanWisata Kabupaten Garut. Prosiding Seminar Nasional Pakar Tahun 2019 Buku II: 1-6.
Pratama, Bayu. (2009, Agustus). Definisi & Tujuan Editing. Asiaaudiovisualra09nizwarrivan.
https://asiaaudiovisualra09nizwarrivan.wordpress.com/tag/definisi-dan-tujuan editing/
Perhutani. (2020, Juni). Wisata Batu Kuda Manglayang.Perhutani.
https://www.perhutani.co.id/page/3/?s=Wisata+Batu+Kuda+Manglayang.
Semedhi, Bambang. (2011). Sinematografi-Videografi Suatu Pengantar. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sugiyono.(2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta
Walidin, W., Saifullah, & Tabrani. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory. Aceh: FTK Ar-Raniry Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sophia Purbasari, Muhamad Ikhsan Ramadhan, Meti Agni Rizkiani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish articles in ArtComm : Jurnal Komunikasi dan Desain agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution-ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
