Perancangan Media Kampanye Program "Cegah Stunting, Itu Penting!" oleh Puskesmas Pasirjambu Kabupaten Bandung

Authors

  • Nichi Hana Karlina Desain Komunikasi Visual, Fakultas Komunikasi dan Desain, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Mohamad Hilman Suparman Desain Komunikasi Visual, Fakultas Komunikasi dan Desain, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37278/artcomm.v7i1.824

Keywords:

Prevent stunting, Media, Campaign, Puskesmas, Pasirjambu

Abstract

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis sehingga anak terlalu pendek untuk usianya. UPTK Puskesmas Pasirjambu mencatat kasus stunting selama tahun 2022, dari 608 balita yang diukur tinggi badannya terdapat 77 anak mengalami stunting. Meskipun program "Cegah Stunting, Itu Penting" telah berjalan selama 3 tahun, media kampanye yang dimiliki seperti materi PowerPoint, leaflet, atau kartu tentang stunting dinilai kurang menarik dan masih belum efektif. Kondisi ini tentunya menjadi hambatan dalam upaya pencegahan stunting di wilayah tersebut. Sehingga perlu dirancang media kampanye tersebut dengan desain yang informatif dan menarik yang ditujukan kepada para ibu hamil di Kecamatan Pasirjambu. Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan kuesioner. Perancangan media kampanye ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pengetahuan sedini mungkin kepada ibu hamil sebagai bentuk kepedulian dan kesadaran dalam pencegahan stunting yang sedang terjadi.

References

Azwar, S. (1988). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Liberty.

Azwar, S. (1995). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Clow, K. E., & Donald, B. (2016). Integrated advertising, promotion, and marketing communications (7th ed.). Pearson Education.

Effendy, O. U. (2007). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Eko utro Sandjojo 2017 Buku Saku Desa Dalam Penanganan stunting

Indrianto, N., & Supomo, B. (2013). Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Kementrian Dalam Negeri “Monitoring Pelaksanaan 8 Aksi Konvergensi Intervensi Penurunan stunting Terintegrasi” 2022 Melalui : https://aksi.bangda.kemendagri.go.id/emonev/DashPrev

Kusrianto, A. (2007). Pengantar desain komunikasi visual. Yogyakarta: Andi.

Latip, & Malahayati. (2024). Peran Masyarakat Dalam Upaya Mencegah Stunting : Studi Kasus Di Kampung Keluarga Berkualitas ( KB ) Kelurahan Laksamana. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 156–161.

Muslim, M. I., & Mudiantono (2011). Pengembangan Desain Merchandise sebagai Media Promosi dalam Meningkatkan Citra Perusahaan. eprints.undip.ac.id

Naimah, A., & Andini, U. H. (2023). Efektivitas Pemberian Video Edukasi Stunting Terhadap Pengetahuan Ibu Hamil Dalam Pencegahan stunting. Judika (Jurnal Nusantara Medika), 7. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/akper/article/view/21398/3554

Rachmawati, F., & Ananda, A. R. (2022). Pelatihan Public Speaking Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siwa SMAN 17 Surabaya. Humanism : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 126–143. https://doi.org/10.30651/hm.v3i3.14528

Rahman, H., Rahmah, M., & Saribulan, N. (2023). Upaya Penanganan stunting Di Indonesia. Jurnal Ilmu Pemerintahan Suara Khatulistiwa (JIPSK), VIII(01), 44–59.

Riskesdas. (2018). Laporan Riskesdas 2018 Nasional.pdf. In Lembaga Penerbit Balitbangkes (p. 674). https://repository.badankebijakan.kemkes.go.id/id/eprint/3514/1/Laporan Riskesdas 2018 Nasional.pdf

Rosady Ruslan. (2013). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyama, K., & Andree, T. (2011). The Dentsu Way: Secrets of Cross Switch Marketing from the World's Most Innovative Marketing Company. McGraw Hill Professional.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Virginia, & Wijaya, L. (2020). Integrated Marketing Communication untuk Merek Lokal. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Venus, A., & Antar. (2012). Manajemen Kampanye: Panduan Teoritis dan Praktis dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Published

2024-04-29

How to Cite

Karlina, N. H., & Suparman, M. H. (2024). Perancangan Media Kampanye Program "Cegah Stunting, Itu Penting!" oleh Puskesmas Pasirjambu Kabupaten Bandung. ArtComm : Jurnal Komunikasi Dan Desain, 7(1), 105–118. https://doi.org/10.37278/artcomm.v7i1.824

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)