Perancangan Media Kampanye Program "Cegah Stunting, Itu Penting!" oleh Puskesmas Pasirjambu Kabupaten Bandung
DOI:
https://doi.org/10.37278/artcomm.v7i1.824Keywords:
Prevent stunting, Media, Campaign, Puskesmas, PasirjambuAbstract
Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis sehingga anak terlalu pendek untuk usianya. UPTK Puskesmas Pasirjambu mencatat kasus stunting selama tahun 2022, dari 608 balita yang diukur tinggi badannya terdapat 77 anak mengalami stunting. Meskipun program "Cegah Stunting, Itu Penting" telah berjalan selama 3 tahun, media kampanye yang dimiliki seperti materi PowerPoint, leaflet, atau kartu tentang stunting dinilai kurang menarik dan masih belum efektif. Kondisi ini tentunya menjadi hambatan dalam upaya pencegahan stunting di wilayah tersebut. Sehingga perlu dirancang media kampanye tersebut dengan desain yang informatif dan menarik yang ditujukan kepada para ibu hamil di Kecamatan Pasirjambu. Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan kuesioner. Perancangan media kampanye ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pengetahuan sedini mungkin kepada ibu hamil sebagai bentuk kepedulian dan kesadaran dalam pencegahan stunting yang sedang terjadi.
References
Azwar, S. (1988). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Liberty.
Azwar, S. (1995). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Clow, K. E., & Donald, B. (2016). Integrated advertising, promotion, and marketing communications (7th ed.). Pearson Education.
Effendy, O. U. (2007). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Eko utro Sandjojo 2017 Buku Saku Desa Dalam Penanganan stunting
Indrianto, N., & Supomo, B. (2013). Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta: BPFE.
Kementrian Dalam Negeri “Monitoring Pelaksanaan 8 Aksi Konvergensi Intervensi Penurunan stunting Terintegrasi” 2022 Melalui : https://aksi.bangda.kemendagri.go.id/emonev/DashPrev
Kusrianto, A. (2007). Pengantar desain komunikasi visual. Yogyakarta: Andi.
Latip, & Malahayati. (2024). Peran Masyarakat Dalam Upaya Mencegah Stunting : Studi Kasus Di Kampung Keluarga Berkualitas ( KB ) Kelurahan Laksamana. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 156–161.
Muslim, M. I., & Mudiantono (2011). Pengembangan Desain Merchandise sebagai Media Promosi dalam Meningkatkan Citra Perusahaan. eprints.undip.ac.id
Naimah, A., & Andini, U. H. (2023). Efektivitas Pemberian Video Edukasi Stunting Terhadap Pengetahuan Ibu Hamil Dalam Pencegahan stunting. Judika (Jurnal Nusantara Medika), 7. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/akper/article/view/21398/3554
Rachmawati, F., & Ananda, A. R. (2022). Pelatihan Public Speaking Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siwa SMAN 17 Surabaya. Humanism : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 126–143. https://doi.org/10.30651/hm.v3i3.14528
Rahman, H., Rahmah, M., & Saribulan, N. (2023). Upaya Penanganan stunting Di Indonesia. Jurnal Ilmu Pemerintahan Suara Khatulistiwa (JIPSK), VIII(01), 44–59.
Riskesdas. (2018). Laporan Riskesdas 2018 Nasional.pdf. In Lembaga Penerbit Balitbangkes (p. 674). https://repository.badankebijakan.kemkes.go.id/id/eprint/3514/1/Laporan Riskesdas 2018 Nasional.pdf
Rosady Ruslan. (2013). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyama, K., & Andree, T. (2011). The Dentsu Way: Secrets of Cross Switch Marketing from the World's Most Innovative Marketing Company. McGraw Hill Professional.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Virginia, & Wijaya, L. (2020). Integrated Marketing Communication untuk Merek Lokal. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Venus, A., & Antar. (2012). Manajemen Kampanye: Panduan Teoritis dan Praktis dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nichi Hana Karlina, Mohamad Hilman Suparman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish articles in ArtComm : Jurnal Komunikasi dan Desain agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution-ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
