Pembentukan Responsible Consumer dengan Pendekatan Lifestyle of Health and Sustainability (LOHAS) untuk Mendukung Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meninjau sustainable lifestyle dengan latar belakang paradigma pembangunanberkelanjutan. Secara spesifik penelitian ini bertujuan untukmengetahui apakah sustainable lifestyle tersebut mendukungterbentuknya responsible consumer, bagaimana sustainable lifestyle dapat dioperasionalkan, dan bagaimana perlakuanyang tepat terhadap responsible consumer di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kausalitas denganpendekatan kuantitatif. Populasi yang menjadi sasaranpenelitian adalah konsumen green product secara umum di Indonesia dengan jumlah sampel sebanyak 238 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam uji hipotesis adalahStructural Equation Model (SEM). Hasil penelitian secaraverifiktif ditemukan bahwa arah hubungan LOHAS denganConsumer Behavior adalah positif dengan total pengaruhsebesar 72,7%, dan arah hubungan Consumer Behavior dengan Responsible Consumer adalah positif dengan total pengaruh sebesar 82,2%. Â Secara parsial, hanya variabelspiritual health yang tidak berpengaruh signifikan terhadapperubahan consumer behavior. Kemudian, hasil perolehanperhitungan efek mediasi menunjukkan hanya variabelspiritual health tidak mampu dimediasi oleh consumer behavior. Sehingga, disimpulkan bahwa determinan LOHAS yang berpengaruh terhadap responsible consumer melaluivariabel consumer behavior adalah Physical Fitness, Mental Health, Emotional Health, Environmentalism, dan Social Consciousness.
Copyright (c) 2024 Vika Aprianti, Ayu Nike Retnowati, Okta Eka Putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish articles in Economics Professional in Action (E-Profit) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).