Penerapan Model Literasi Media Sosial Instagram Pada Petugas Pengolah Data Dan Sistem Informasi (PEDASI) Kecamatan Cinambo (Studi Deskriptif Penerapan Model Literasi Media Instagram @kecamatan.cinambo Sebagai Media Informasi Kecamatan Cinambo)

  • Rachmawati Windyaningrum Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Desain, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Shinta Hartini Putri Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Desain, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Indah Sari Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Desain, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
Kata Kunci: Literasi, Media Sosial, Kecamatan, Instagram, Literasi Digital

Abstrak

Sejak tahun 2013 Pemerintah Kota Bandung mulai mencanangkan Bandung Smart City dengan mendayagunakan perkembangan teknologi komunikasi melalui aktivasi media sosial. Aktivasi ini merupakan instruksi Wali Kota Bandung bahwa seluruh SKPD (Satuan Kerja Pemerintah Daerah). Pada tingkat kecamatan aktivasi media sosial dilakukan dengan cara membuat akun twitter, Facebook, dan Instagram. Akun media sosial tersebut digunakan sebagai media pengontrol kinerja aparat pemerintah tingkat kecamatan, karena aktifitas media sosial akan menjadi rapor camat atau lurah oleh warga. Instagram Kecamatan Cinambo @kecamatan.cinambo yang tercatat aktif dengan jumlah posting sebanyak 1055, pengikut 1047 hingga agustus 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplanasi penerapan literasi media sosial oleh  Petugas Pengolahan Data dan Informasi dalam menggunakan Instagram. Dalam mencapai tujuan tersebut penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data primer melalui observasi dan wawancara, sedangkan data sekunder menggunakan studi literatur buku, jurnal, dan sumber internet. Analisa data  yang digunakan dengan model Miles dan Huberman dan triangulasi untuk teknik keabsahan data. Penerapan model literasi media sosial Instagram menunjukkan bahwa PEDASI Kecamatan Cinambo sudah memiliki kemampuan akses, keahlian teknis, pemahaman kritis dalam manajemen informasi, dan keahlian produksi konten informasi kegiatan Kecamatan Cinambo.

Diterbitkan
2019-12-03
Bagian
Articles